oleh

PPDB SD Bersifat Fleksibel

SUDIRMAN – Berbeda dengan jadwal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN Negeri yang diatur oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jadwal PPDB SD masih bersifat fleksibel. Terutama untuk sekolah yang berada dilingkungan sekolah berkomplek.

Seperti di SDN 1 Prabumulih, saat ini sudah selesai melaksanakan proses PPDB, meski belum masuk waktu PPDB dari Dinas pendidikan dan Kebudayaan kota Prabumulih. Karena para calon siswa baru sudah mendatangi pihak sekolah. Sehingga proses PPDB juga terpaksa harus dilangsungkan.

“Kalau PPDB tingkat SD ini belum bisa dilakukan begitu ketat seperti masuk SMP dan SMA, karena keadaan orang tua sekitar sekolah. Yang penting pelaksanaan PPDB ketentuannya masih mengaku pada aturan yang ada,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Kusron SPd MSi melalui Kabid Pembinaan SD, Riduan SPd MSi Selasa, 21 Mei 2019.

Apalagi saat ini persyaratan PPDB calon siswa baru daftar menggunakan sistem zonasi, sehingga calon siswa yang rumahnay sangat dekat dengan Sekolah, dengan usia yang sudah memasuki syarat maka siswa wajib diterima. “Apalagi usianya sudah masuk 7 tahun, jangan ditolak terutama masyarakat sekitar sekolah,” jelasnya.

Sementara Kepala SDN 1 Prabumulih, Misdiana SPd MM saat ikonfirmasi mengatakan, jika PPDB harus sesuai dengan jadwal dari Dinas maka proses PPDB akan makin lamban. Seperti saaini juga sudah selesai PPDB di SDN 1 maka makin cepat juga orang tua menentukan pilihan untuk masuk ke sekolah sekitar SDN 1.

Masyarakat di sekitar sekolah takut anaknya tidak masuk sehingga saat aktivitas disekolah sudah selesai, para orang tua calon siswa baru mulai berdatangan ke sekolah, maka pihak sekolah juga tidak bisa untuk menolak anak-anak yang ingin masuk sekolah.

“Kita tidak tega juga menolaknya, sedangkan mereka sudah memenuhi syarat. Mulai dari usia yang sudah lebih dari 6 tahun, zona tempat tinggal dekat dengan sekolah dan keinginan untuk sekolah sangat tinggi sedangkan kuota kita masih ada. karena itu kita melakukan PPDB, Namun kita tetap mengacu pada aturan yang ada,” tandasnya.(05)

Komentar

News Feed