oleh

PPAT Bertambah, Kerja BPN Makin Ringan

PRABUMULIH – Tercatat sudah ada 12 orang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) telah mengantongi Surat Keputusan (SK) dari Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Negara (BPN) di kota ini.
Termasuk tiga diantaranya Febri Ekarasti SH MKn, Astuti M SH MKn, dan Sandy Danuswarna SH MKn baru dilantik dan mendapatkan SK akhir pekan lalu. Tujuannya agar msyarakat kota ini melaksanakan pendaftaran tanah yang dilakukan BPN.
Kepala BPN Kota Prabumulih, Jakun Edi SH MSi menerangkan, bertambahnya jumlah PPAT di kota ini. Ungkapnya, jelas akan memperingan alias membantu BPN dalam melakukan tugasnya, melayani masyarakat.
“Untuk pembuatan akte-akte. Seperti akte jual beli, akte hibah, akte tukar menukar, akte inbreng, harta gono gini, hak tanggungan, surat kuas, dan lainnya. Yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya, akhir minggu ini usai melantik ketiga PPAT tersebut.
Jakun mengingatkan, agar para PPAT meningkatkan kerja samanya dengan pihaknya, untuk pembuatan akte guna legalisasi hak atas tanah dan lainnya. Sehingga, adanya PPAT masyarakat kota ini benar-benar terlayani ketika ada perbuatan hukum, untuk legalisasi hak-haknya. “Makin banyaknya PPAT, sudah hukum alam semakin banyak masyarakat terlayani dalam perbuatan hukumnya,” wantinya.
Tak lupa, Jakun mengimbau, agar para PPAT bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.
“Jalan kan tugas PPAT dengan baik, dan layani masyarakat dengan baik pula,” pesannya.
Sementara itu, salah seorang PPAT, Febri Ekarasti SH MKn menerangkan, pihaknya akan berupaya melayani dan membantu masyarakat yang membutuhkan, untuk membuat akte-akte perbuatan hukum.
“Karena, sudah menjadi kewenangan dan tugasnya untuk pengesahan akte-akte. Sebagai, dasar BPN untuk melegalisasinya, khususnya untuk pembuatan sertifikat tanah dan lain-lainnya,” kata dia. (06)

News Feed