oleh

Potong 1 Sapi, Keluarga SMPN 5 Makan Bersama

-Pendidikan-161 views

PRABUMULIH – SMP Negeri 5 Prabumulih tahun ini memotong 1 ekor sapi dalam rangka memeriahkan hari raya kurban. Seekor sapi tersebut tidak seperti tahun sebelumnya yang dibagi-bagikan kepada siswa dan warga sekitar sekolah, namun dimasak dan disantap bersama seluruh keluarga besar SMP Negeri 5 di halaman sekolah.

Hal ini menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 5 merupakan upaya mempererat silaturahmi antar guru dan para siswa di Sekolah. Sehingga seekor sapi disembelihkan di halaman sekolah, dengan petugasnya berasal dari guru dan pegawai sekolah itu sendiri saling bahu-membahu untuk melakukan proses penyiangan dagui hingga masak bersama yang dilanjutkan dengan makan bersama.

“Dengan adanya penyembelihan hewan kurban dalam rangka perayaan Idul Adha 1440 H tahun 2019, penyembelihan bukan hanya disaksikan, Namun juga ada edukasi kepadapara siswa mengenai cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar sesuai dengan syariat Islam,”jelasn Lutfi SAg MM.

Pantauan dilapangan, selain petugas yang menyembelih hewan kurban tersebut, termasuk Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 5 Lutfi SAg, MM ikut serta dalam soal iris-mengiris daging sapi kurban tahunan ini. Dengan demikian, sangat jelas terlihat rasa persaudaraan dan kebahagiaan antara warga sekolahan yang berada di Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur ini.

Bukan hanya itu, para siswa pun pula sebaliknya bersama-sama antusias ambil bagian mengangkut hasil potongan hewan kurban dari tempat pemotongan ke bawah tenda yang telah disiapkan. sementara guru/pegawai perempuan pula disibukkan menyiap bumbu masakan. Karena hewan kurban tersebut akan disantap oleh ratusan siswa dan guru serta para pejabat dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih.

“Ini hewan kurban tahun kedua yang dipotong di Sekolah. Saya sangat senang melihat kebahagiaan yang terpancar dalam setiap siswa. Inilah sesungguhnya qurban itu, yang berbagi kebahagiaan,”beber pria yang sedang sibuk mengerjakan Disertasi untuk mendapatkan gelar Doktor ini.

Diketahui dana pembelian seekor sapi tersebut, berasal dari sumbangan sukarela siswa, seperti kas rutin setiap jumat dan sumbangan para guru.
“Nah, kegiatan ini juga sekaligus memberikan contoh yang baik kepada para siswa agar kelak makin semangat untuk berkurban,” tandasnya.(05)

Komentar

News Feed