oleh

Polisi Bekuk Pencuri Kabel KPP

-Ringkus-367 views

PRABUMULIH – Kabel genset di eks Kantor Pajak Pratama (KPP) di jalan Jendral Sudirman samping karaoke family D’Tones dikabarkan hilang dicuri akhir pekan lalu (25/11). Pencurian itu dilaporkan oleh salah seorang pekerja, Lukman Ahmadisastra ke Polsek Prabumulih Timur.
Beruntung, pelakunya cepat ditangkap. Pelakunya diketahui bernama Bayu Syaputra (18) warga jalan Tri Sukses Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara. Ia berhasil diringkus petugas sekitar pukul 15.00 WIB Sabtu lalu di jalan Jenderal Sudirman, depan Bank BCA Kelurahan Muara Dua, Prabumulih Timur.
Bersamanya, tim buru sergap (buser) Polres Prabumulih Timur yang dipimpin oleh Kanit Reskrim, Ipda Gharasa Zahra Zahira S Trk juga menyita sejumlah barang bukti berupa gulungan kabel genset dengan diameter sekitar 4 sentimeter dan panjang sekitar 5,5 meter. sebuah gergaji besi berikut satu buah kapak berukuran kecil yang digunakan pelaku melancarkan aksinya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando SH didampingi Kanit Reskrim, Ipda Gharasa Zahra Zahira S Trk ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa pencurian di lokasi tersebut dan pelakunya pun telah berhasil diamankan oleh pihaknya.
“Saat kita menerima adanya informasi kejadian itu, kita langsung meluncur ke lokasi dan melakukan penyelidikan. Alhasil berkat kerjasama yang baik petugas kita dan informasi masyarakat akhirnya identitas pelakunya yang kita ketahui masih berusia ABG itu berhasil kita temukan dan kasus ini cepat terungkap,” ujar Ipda Gharasa kepada koran ini.
Dikatakan Gharasa Zahra, selain berhasil mengamankan pelaku, barang bukti hasil curiannya berupa gulungan kabel genset milik korban pun berhasil diamankan pihaknya. “Dan barang bukti hasil curian pelaku berikut peralatan yang digunakan pelakunya dengan cara memotong kabel genset milik pihak korban itu menggunakan gergaji besi dan kapak,” kata dia.
Menurutnya, akibat perbuatan pelaku ABG tersebut pihak korban dari KPP Pratama Prabumulih itupun mengalami kerugian berkisar jutaan rupiah. Bahkan, bila saat kondisi listrik PLN mengalami pemadaman serta kondisi alat genset tersebut tak dapat berfungsi, maka aktifitas pelayanan pajak dapat berakibat lumpuh total.
“Kita mendapatkan informasi keberadaan pelaku di kawasan Sudirman sekitar lokasi bank BCA. Lalu kita bergerak cepat hingga pelakunya berhasil kita amankan dan langsung kita bawa untuk menunjukkan barang hasil curiannya itu yang masih disimpannya tak jauh dari lokasi TKP,” terangnya seraya mengatakan selanjutnya setelah barang buktinya itu ditemukan bersama pelaku langsung digelandang petugas ke Mapolsek guna pemeriksaan lebih lanjut.
Di hadapan petugas, Bayu Syaputra mengakui segala perbuatannya tersebut yang dapat diancam pidana dalam Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman selama 6 tahun kurungan penjara.
“Memang sebelumnyo sudah ku liat-liat dulu letak kabelnyo itu dimano pak. Dan waktu katek wong kantor itu sepi baru aku ambeknyo. Kabel itu kawat tembago rencano nak ku jual tapi keburu ditangkap polisi,” tandasnya seraya menyesali perbuatannya tersebut. (Mg03)

News Feed