oleh

Pohon Asam Tua Mendadak Tumbang

-Metropolis-73 views

PRABUMULIH – Pohon asam tua berumur sekitar ratusan tahun yang berada di Jalan Jend Sudirman Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur mendadak tumbang, Senin (9/3), sekitar pukul 07.30 WIB.

Tumbangnya pohon tersebut mengejutkan warga sekitar untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Mengetahui kejadian tersebut dan juga mendapat laporan, pihak terkait langsung turun membersihkannya. Seperti; PLN, Dinas Perkim dan DLH.

Pantuan koran ini, akibat tumbangnya pohon tersebut menutupi sebagian jalan dan menimbulkan kemacetan jalan.

Untungnya, petugas Satlantas sekitar 15 orang dipimpin Kasat Lantas, AKP Betty Purwanti Sik didampingi Kanit Lantas, Ipda Wanianto SH dan Kanit Patroli, Ipda A Eki TA SH langsung melakukan pengaturan jalan.

Salah satu warga, Rano (35), Pengelola BBM Wisata mengatakan, ketika sedang asyik menyapu di dalam terdengar suara pohon tumbang. “Pas keluar, idak tahunya batang asam tuo lah roboh di jalan,” sebutnya, kemarin.

“Brakk, kuat niat bunyi pohon itu roboh. Katek ujan katek angin, memang lah tuo batang itu,” tukasnya.

Demikian pula, diungkap warga lain Fredi (38), pohon asam itu sudah berumur sangat tua. “Di samping toko kito nian, batang asam itu roboh,” jelasnya.

Kejadiannya, aku Fredi, begitu cepat. Tanpa ada penyebab, karena angin atau hujan mendadak roboh. “Kemungkinan, karena umurnya sudah tua. Makanya, roboh tiba-tiba,” ucapnya.

Pemilik Depot Bangunan Sanjaya yang berdekatan dengan pohon asam Taslim Candra, mengatakan sebelum kejadian dirinya sedang berada di dalam toko. “Tedmon air kami pak pecah, biasanya barang jualan kami ditempatkan didekat batang itu” ucapnya.

 Sementara Lisa yang juga pemilik toko menambahkan jika kondisi pohon sudah cukup lama miring. Bahkan kondisi pohon yang makin miring telah disampaikan ke ketua rukun tetangga dan pihak Kelurahan. “Rencana mau ditebang tapi belum dilakukan oleh pihak pemerintah, pagi ini sudah roboh duluan,” tambahnya seraya  mengatakan kerugian akibat kejadian jutaan rupiah akibat barang dagangan tertimpa pohon.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya SH SIk MH melalui Kasat Lantas, AKP Betty Purwanti SIk dikonfirmasi membenarkan hal itu. “Iya, pagi tadi pas abis apel kita dapat laporan ada pohon tumbang. Dan, personel langsung kita kerahkan ke lokasi untuk melakukan pengaturan dan evakuasi,” pungkasnya.

Diakuinya, jalanan sempat macet beberapa saat. Namun, setelah dilakukan pengaturan dan juga pengalihan, kemacetan bisa diurai. “Usai pohon dievakuasi, siangnya jalanan sudah normal lagi,” tambahnya. (03)

 

Komentar

News Feed