oleh

PKS Pilih Ka’bah, Tiga Partai Pilih Banteng

Dewan Bentuk Enam Fraksi

PRABUMULIH – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih, akhirnya mengumumkan fraksi-fraksi hasil keputusan DPC dan struktur pimpinan, Rabu (2/10).

Nah, berbeda dengan fraksi DPRD periode sebelumnya yang mencapai 7 fraksi. Diperiode 2019-2014 ini, dari 10 Partai Politik yang memiliki wakil di DPRD hanya terbentuk 6 fraksi. (Fraksi dan susunan fraksi ditabel)

Fraksi tersebut yakni fraksi Partai Golkar, PPP, PDIP, Gerindra, Hanura dan PAN. Dari hasil pengumuman kemarin, hanya 4 fraksi yang merupakan fraksi partai murni yaitu, Partai Golkar, PAN, Hanura dan Gerindra.

Hal itu dikarenakan, terdapat 4 partai seperti, PKS, PBB, Demokrat dan Nasdem yang harus bergabung dengan partai lain dikarenakan tak cukup kursi untuk membentuk fraksi murni.

Untuk Partai PKS, memilih bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan. Sementara 3 partai lainnya yakni Demokrat, Nasdem dan PBB memilih bergabung dengan Partai berlambang Banteng. “Setiap anggota DPRD harus menjadi anggota fraksi, setiap fraksi beranggotakan paling sedikit sama dengan jumlah komisi di DPRD,” kata Ketua DPRD sementara Sutarno SE saat memimpin paripurna.

Sekertaris Dewan (Sekwan) Heriyani SE MSi menyampaikan, penetapan fraksi DPRD berdasarkan Undang- Undang dan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018, tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi kabupaten dan kota.

“Berdasarkan hal tersebut, maka setiap fraksi DPRD kota Prabumulih beranggotakan paling sedikit 3 orang. Parpol yang jumlah anggotanya mencapai 3 orang atau lebih dapat membentuk 1 fraksi. Parpol yang tidak mencapai 3 orang anggotanya, dapat bergabung dengan fraksi,” kata Heriyani saat membacakan pedoman pembentukan fraksi dalam paripurna pengumunan fraksi anggota DPRD Periode 2019-2024.

Selain mengumumkan dan menetapkan fraksi, dalam paripurna kemarin juga diumumkan unsur pimpinan DPRD definitif. Pimpinan tersebut yakni Sutarno SE sebagai Ketua DPRD, H Ahmad Palo SE Wakil Ketua I dan Ir Dipe Anom sebagai Wakil Ketua II.

“Setelah membentuk fraksi, tentu kita akan melanjutkan untuk tahapan proses pembahasan tata tertib dan lain sebagainya di lembaga DPRD. Terkait badan musyawarah nanti pimpinan sementara yang akan menjadwalkan,” kata Wakil Ketua DPRD I H Ahmad Palo SE.

Lebih lanjut Palo menyampaikan, dalam pembahasan tata tertib DPRD nantinya akan mengundang ketua masing-masing fraksi. “Insyallah rencananya besok dijadwalkan rapat pembahasan tatib DPRD, diantaranya alat kelengkapan, ” tukasnya. (08)

Komentar

News Feed