oleh

Pilih Rumah Sakit, Puskesdes Tak Dilirik

-Metropolis-245 views

PRABUMULIH – Tak seperti Puskesmas lain yang melayani banyak pasien. Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) yang ada di wilayah Gunung Ibul Barat justru sepi penggunjung.
“Tadi hanya dua, ada yang bayi umur satu tahun karena mencret, dan ada juga yang suntik Kb,”kata penanggung Jawab Puskesdes Gunung Ibul Barat, Febri AM Keb kemarin (1/2)
Ternyata, tak diliriknya Puskesdes oleh pengunjung lantaran jarak Rumah Sakit maupun Puskesmas yang tak jauh dari Puskesdes. Sehingga masyarakat lebih memilih untuk berobat ke RS Ar Bunda dan Puskesmas Timur.
“Didaerah ini warganya juga banyak karyawan dan pegawai, jadi seperti ini lah kondisi kami di Puskesdes ini,”ujarnya.
Febri menjelaskan, pasien akan banyak mendatangi puskesdes tersebut jika adanya pembagian Bumil KEK, Makanan Tambahan ASI, pemeriksaan IVA dan lainnya.
“Kadang kalu lagi ramai bisa sampai 100an pasien yang datang, tapi itu tidak setiap hari, kalau hari biasa paling sedikit ada 2 pasien,” akunya.
“Nah seperti kemarin tanggal 17 januari ada pemeriksaan IVA disini, banyak ibu ibu yang datang dan ingin dipriksa, kadang juga kalu mereka tidak kesini kami yang ke wilayah mereka, mengunjungi mereka di rumah warga untuk mel;akukan kegiatan seperti posyandu, dan pemberian vitamin A dan juga senam lansia,” bebernya
Dia menambahkan, puskesdes tersebut dapat melayani pengobatan dasar, seperti demam, flu dan sakit yang lainnya serta bisa melayani pasien untuk melakukan program kb.
“Yang ringan bisa, untuk KB hanya spiral yang belum dilayani karena keterbatasan alat, tapi kalau untuk inplan sudah bisa,”tuturnya seraya berharap agar dapat berkerjasama dengan baik degan koran kebanggan uhang prabu ini. (mus)

News Feed