oleh

PHL Terancam Putus Kontrak

  • Jika Tak Lulus Kompetensi

PRABUMULIH – Wajar kalau Pekerja Harian Lepas (PHL) was-was soal rencana uji kompetensi bakal dilaksanakan Pemerintah kota (Pemkot) melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Pasalnya, informasi dihimpun koran ini jika tidak lulus kompetensi, artinya PHL tersebut terancam diputus kontrak.

Kepala BKPSDM, Beny Rizal SH MH dikonfirmasi tidak memungkiri hal itu. Ia menyebutkan, kalau selain untuk pendataan PHL. Harapannya, uji kompetensi ini bisa menempatkan PHL diposisi sesuai dengan latar belakang bidang ilmu dimiliki.

Sehingga kata dia, bisa meningkatkan kinerjanya dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. “Uji kompetensinya dilakukan secara serentak, memang rencananya Desember mendatang dilakukan. Betul, kalau tidak lulus uji kompetensi terancam diputus kontrak,” tegas Beny, Rabu (20/11).

Ungkapnya, karena ini menyangkut penggunaan dana APBD. Dan jumlah PHL sudah mencapai ribuan. Harapannya, ada PHL ini bisa membantu Pemkot dalam rangka memberikan pelayanan ke masyarakat untuk mewujudkan visi misi Prabumulih Prima Berkualitas.

“Sangat penting sekali uji kompetensi ini. Dalam rangka menempatkan PHL di posisi tepat, sehingga kinerja pemerintah bisa meningkat,” tukas Mantan Kabag Hukum dan Perundangan-Undangan (UU).

Lanjutnya, ia tidak memungkiri kalau sekarang ini, banyak PHL bekerja asal-asal dan tidak jelas dikarenakan tidak sesuai bidangnya.

“Hasil uji kompetensi ini lah, ke depan menjadi acuan dimana PHL tersebut layak ditempatkan,” tambahnya.

Senada juga dibenarkan Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM. Kalau, PHL tidak lulus kompetensi bakal terancam putus kontrak.

“Sudah aturannya demikian, kita harus menjalankannya. Tetapi, itu langkah terakhir kita ambil. Tetapi, ada pertimbangan dan evaluasi dalam memutus kontrak PHL,” tambahnya.

Ungkap Ridho, ini dilakukan untuk peningkatan kinerja PHL dalam rangka membantu Pemkot memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Sehingga, penempatan PHL tepat dan sesuai kebutuhan,” bebernya. (03)

 

Komentar

News Feed