oleh

Petugas IVA Harus Miliki Sertifikat

PRABUMULIH – Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr H Tedjo Thajono S MPh melalui seketaris Dinas Kesehatan dr Hj Hesti W M Kes mengatakan petugas yang akan melakukan pemeriksaan IVA harus memiliki sertifikat pelatihan IVA.
“Walaupun dia bidan, jika tidak memiliki sertifikat pelatihan IVA, tidak bisa melakukan pemeriksaan. jadi tidak sembarang orang yang akan melakukan pemeriksaan IVA,”katanya kepada koran ini.
Terlebih dalam waktu dekat ini pemeriksaan IVA di semua kelurahan yang ada di Kota Prabumulih akan dilaksanakan, maka untuk menjamin pemeriksaan berjalan dengan lancar dan tidak adanya kendala di lapangan,pihak dinas kesehatan melakukan pelatihan dahulu sebelum para bidan desa turun ke lapangan dan melakukan pemeriksaan.
“Sudah sejak kemarin (07/03) pelatihan di mulai, dan itu akan berlangsung selama 4 hari serta di lakukan pelatihan oleh Pelatihan Kesehatan Provinsi, bagi bidan yang mendapatkan sertifikat lah yang nanti akan di libatkan dalam pemeriksan IVA,” tutur wanita yang menggunakan hijab itu
“Untuk tanggal pastinya kapan pemeriksaan IVA, kita belum bisa memastikan, tetapi insya alloh bulan Maret ini akan kita mulai,” tambahnya
Di konfirmasi, kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) M Juadi mengatakan jika memang akan dilakukannya pemeriksaan IVA dalam waktu dekat ini.
“Memang setiap tahun program IVA kita laksanakan, dan pemeriksaan iva dilakukan di setiap kecamatan dan desa yang ada di kota prabumulih,” katanya seraya menyebutkan akan melibatkan puskesmas dalam pembagian wilayahnya
Untuk itu dirinya berharap kepada ibu rumah tangga, atau siapa saja wanita yang sudah pernah melakukan hubungan suami istri agar dapat mendatangi tempat tempat yang di khususkan untuk dilakukan pemeriksaan IVA.
“Nanti disesuaikan dengan jadwal dan wilayah masing masing, jadi masyarakat yang ingin datang bisa di tempat dan wilayahnya masing masing,” katanya yang menyebutkan jika pelayanan pemeriksaan IVA juga di layani di puskesmas setiap jam kerja. (mus)
PELATIHAN: Sejumlah bidan mendapat pelatihan untuk melakukan pemeriksaan IVA yang akan digelar dalam waktu dekat.
Foto: mus/prabumulih pos

News Feed