oleh

Petro Prabu Harus Lebih Optimal

  • Peningkatan PD jadi PT

PRABUMULIH – Tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang ditargetkan rampung tahun ini oleh DPRD, sudah masuk ketahap pemandangan umum DPRD atas nama fraksi.

Sejumlah rekomendasi dan catatan disampaikan dalam paripurna siang kemarin. Salah satunya meminta agar kedepan dengan raperda perubahan PD Petro Prabu menjadi PT, akan lebih optimal dan tak lagi membebani pemerintah kota (pemkot).

“Fraksi kami juga menyampaikan itu, berharap kedepan dengan perubahan nama dari PD ke PT Petro jadi lebih maksimal, optimal dan efektif,” kata Wakil Ketua DPRD II Ir Dipe Anom dibincangi usai paripurna kemarin.

Dipe menuturkan, perubahan nama tersebut akan sangat disayangkan bila nantinya tak mengalami peningkatan. “Kalau tujuannya tidak tercapaikan disayangkan dilakukan perubahan,” ucapnya.

Disinggung apakah dengan raperda perubahan nama tersebut, dan setelah ditetapkan jadi perda. Apakah nantinya managemen Petro Parbu juga akan dirombak? “Yang pasti arahnya kesitu, kan dari draf raperda itu hal-hal yang perlu diatur, baik managemen, baik sistem organisasinya. Baik tata kelola pelaksanaannya, karenakan saat ini belum jelas Petro Prabu hanya operator,” tuturnya.

Didampingi Ketua DPRD Sutarno SE, Dipe Anom menambahkan dalam pembahasan raperda ini pihaknya akan membentuk 3 pansus. “Kemungkinan 3 pansus,  sementara kalau menurut agenda Desember sudah persetujuan,” tukasnya.

Sementara itu Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM mengutarakan, raperda yang dibahas tersebut salah satunya merupakan usulan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “KPK minta ada peningkatan dari peningkatan daerah, sementara sekarang inikan BKD kan mereka yang mencari membelanjakan juga iyo. Harapan kita nanti lebih optimal, sesuai juga dengan supervisi KPK kemarin,” tuturnya mengatakan untuk Raperda Pilkades memang sudah sangat perlu mengingat dalam waktu dekat Pilkades serentak akan segera dilaksanakan.

Untuk diketahui 7 raperda tersebut yakni raperda penyertaan modal PDAM Tirta Prabujaya. Raperda penyertaan modal Bank Sumsel Babel. Raperda penyelenggaran Pilkades, raperda pajak daerah. Raperda pembentukan dan susunan perangkat daerah, raperda PD Petro Prabu menjadi PT  serta raperda penataan PTM. (08)

 

 

Komentar

News Feed