oleh

Perputaran Uang Selama Pameran Home Industry Bisa Tembus Rp 4 M

MARTAPURA – Perputaran uang selama Pameran Home Industry HUT Kabupaten OKUT ke-15 terbilang fantastis. Ya, dari target yang ditentukan Rp4 miliar sepertinya bakal tercapai. Terlebih, hari ini (21/1) saja sudah mendekati Rp3,8 miliar.

“Dalam sehari saja Rp316 juta perputaran uang pada pameran home industry ini, yang digelar selama 7 hari. Rencananya besok (hari ini,red) akan ditutup,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten OKUT, Sri Inarsih, S.Sos Senin (21/1).

Harus diakui, geliat perekonomian di Kabupaten OKUT khususnya Martapura manakala digelar event seperti ini akan mendorong pelaku ekonomi meningkat omzetnya. “Oleh karena itu, pemerintah kabupaten memfasilitasi pelaku industri kerakyatan untuk memanfaatkan moment ini,” ujar Sri.

Memang lanjut Sri, pada pameran home industry yang dipusatkan di Lapangan Koni Martapura ini fokus usaha mikro. Seperti usaha kecil menengah (UKM). Termasuk diantaranya hasil kerajinan rumah tangga baik berupa makanan, serta kerajinan lainnya yang bisa dipasarkan. Tak hanya itu, pameran industri juga menyediakan beras organik, bibit unggul dan produk pertaniannya lainnya.

Pameran tersebut dikemas dalam bentuk stand yang melibatkan oraganisasi perangkat daerah (OPD) baik di tingkat kecamatan, badan, dinas dan kantor. Selain itu, dilibatkan juga sector swasta hingga perbankan seperti Bank SumselBabel. “Kalo melihat perputan uang dalam sehari saja tembus Rp316 juta, kami optimis target Rp4 miliar akan tercapai,” katanya.

Masih kata dia, strategi penitia pameran untuk menggaet pengunjung dengan menyediakan ragam hiburan. Baik penampilan seni suara, tari dan acara lainnya. Umumnya melibatkan lembaga pendidikan untuk menampilan kemampuan siswa dalam hal seni. “Selain itu ada pasar malam dan pameran tanaman bonsai di pelataran Taman Tani Merdeka,” ucapnya. (asa)

News Feed