oleh

Peremajaan Sawit, 168 Hektar Lahan Terverifikasi

PRABUMULIH – Tahun ini Kota Prabumulih mendapat bantuan untuk peremajaan sawit dari Pemerintah Pusat.

Nah, terkait bantuan sudah ratusan hektar kebun sawit milik petani di Desa Karya Mulia Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) yang akan diremajakan terverifikasi sebagai penerima bantuan. “Pertahun target 250 hektar terverifikasi, dan saat ini sudah 168 hektar lahan sawit,” kata Kepala Dinas Pertanian Drs Syamsurizal SP MSi.

Sementara Kepala Desa Karya Mulia Miril Firacha AMd menyampaikan, terdapat ribuan hektar lahan sawit di Desa Karya Mulia. “Itu tersebar di 3 wilayah, Unit 7, unit 8 dan unit 9,” kataucap Miril.

Ia mengakui, saat ini kondisi perkebunan sawit tak lagi produktif. Sehingga hasil panen petani sawit tak lagi maksimal. “Jadi memang peremajaan itu akan membantu, dan sekarang progresnya sudah tahap penyusunan berkas untuk pencairan,” bebernya.

Menurut Miril, petani sawit pernah mencapai puncak ditahun 90-an, sebab hasil panen dan kondisi sawit masih optimal. “Hingga tahun 2000-an itu masih, tapi sekarang sudah tak dak produktif lagi,” tuturnya.

Wakil Wali Kota H Andriansyah Fikri SH, dibincangi terpisah mengatakan bantuan untuk peremajaan tinggal menunggu realisasi. “Itu bantuan dari pusat,” katanya.

Disinggung makin banyaknya petani sawit yang mulia berlaih menanam karet. Menurut Fikri hal itu dikarenakan, pertanian sawit tak seperti karet. “Karena harga karet walaupun turun stabil. Sawit inikan bukan skala besar, maka harga sawit tidak ada kepastian. Sawit inikan kalu sudah dipanen harus jual. Karet tidak kalau belum akor harga, bisa disimpan,” tukasnya.

Pantauan koran ini, perkebunan sawit milik warga ditebang dengan ditanam karet. Sementara ribuan batang sawit terlihat tak lagi produktif dan sudah banyak yang mati.(08)

Komentar

News Feed