oleh

Perdana Sekolah Siswa Didampingi Ortu

-Pendidikan-64 views

PASAR – Masuk hari pertama tahun ajaran baru, banyak hal unik yang terlihat dari para peserta didik baru. Terutama untuk siswa kelas 1 SD yang mulai mengikuti aktivitas belajar di sekolah yang berhadapan dengan teman baru. Bahkan di hari pertama datang ke sekolah, para orang tua siswa kelas 1 bukan hanya sekedar nonton di pintu, namun juga masuk di dalam ruang kelas.

Meski tidak duduk di kursi yang sama dengan anak-anak namun para orang tua ikut berpartisipasi di dalam ruang kelas. Selain untuk menyaksikan anak-anak mereka sebagai kesan pertama masuk Sekolah, namun juga tetap memberikan dukungan pada anak di hari pertama masuk sekolah.

“Kasihan kan baru pertama kali masuk Selain itu memang teman dalam kelas benar-benar teman baru jadi kita perlu menyesuaikan untuk bisa meninggalkan semasa jam pelajaran, “ata Maya salah seorang wali siswa kelas 1 SD Negeri 44 Prabumulih.

Sementara kepala sekolah SD Negeri 44 Prabumulih Yusniar SPd saat dibintangi koran ini mengatakan, hal ini seperti biasa terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Para orang tua siswa perlu meyakinkan bahwa anaknya baik-baik saja di dalam kelas, karena itu ikut berpartisipasi melihat langsung anak-anak di dalam kelas.

“Tidak masalah minimal satu minggu pertama tetap didampingi oleh orang tua, siswa tidak dilepas langsung. Namun orang tua tidak boleh ikut duduk disamping siswa. karena kita perlu memberikan pembelajaran bahwa anak-anak harus belajar mandiri sejak dini,”jelasnya yang didampingi wali kelas 1, Dwi Nani SPd.

Hal sama seperti dituturkan oleh Kepala Sekolah SD Negeri 26 Prabumulih, Hj Yunimiwati SPd. Menurut Yuni orang tua boleh berpartisipasi menyaksikan anak-anak belajar di hari pertama masuk sekolah hingga beberapa hari kedepan. setelah itu orang tua boleh menunggu di luar dan tidak boleh menyaksikan aktivitas dalam kelas agar anak lebih mudah Mandiri dan tidak ketergantungan.

“Seperti biasa hari pertama masuk sekolah kita perlu memperkenalkan lingkungan sekitar sekolah pada siswa baru. mulai dari ruang belajar, perpustakaan perkenalan para guru dan lainya. Sehingga para siswa lebih terbiasa dilingkungan sekolah,”tambahnya.(05)

Komentar

News Feed