oleh

Percuma Bila Tak Diberi Sanksi

PRABUMULIH – Masih adanya Aparatur Sipil Negara (ASN), yang tidak disiplin yang hanya sekedar absen lalu pulang mendapat sorotan dari pimpinan DPRD. Wakil Ketua II H Erwandi Bsc, mengutarakan perlu diberlakukannya sanksi tegas bagi ASN yang tak disiplin dalam kinerja. Apalagi menurutnya, fingerprint tak sepenuhnya bisa mengontrol kedisipinan pegawai.

“Karena walaupun ada fingerprint tapi ada pegawai tidak pernah masuk, tidak ada sanksi percuma juga. Fingerprint itukan supaya tingkat kedisiplinannya jelas, memang perlu ada sanksi tegas,” kata Erwandi diruang Ketua DPRD kemarin. Disayangkan lagi ungkapnya, bila masih ada pegawai yang tidak pernah ngantor yang sudah tentu tidak melakukan absen fingerprint. “Kalau keberadaan fingerprint, hanya sekedar mengetahui aktif tidak tidak berguna juga,” katanya.

Senada disampaikan Ketua DPRD H Ahmad Palo, sanksi terhadap pegawai yang tak disiplin haruslah diterapkan. Apalagi seperti yang disampaikan sekda, beberapa waktu lalu terdapat pegawai yang datang hanya absen, dan parahnya masih menggunakan baju tidur. “Artinyakan fingerprint masih bisa diakali, artinya juga tergantung dari aparaturnya. Fingerprint bukan satu-satunya penyelesaian. Masih ada pegawai yang pagi datang absen. Sore datang lagi absen,” ungkapnya.

Menurut Palo, masih diperlukan adanya pembinaan dari Sekertaris Daerah (Sekda) dan Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). “Diluar faslitas fingerprint yo juga harus ada pembinaan oleh sekda,” ungkapnya. Terlebih kata Palo terdapat anggaran untuk evaluasi dan monitoring terkait kinerja pegawai. “Ada dianggaran montiring dan evaluasi terkait kinerja pegawai untuk staf masing-masing dinas. Jadi memang sanksi haruslah diberikan,” terangnya.

Selain sanksi jelasnya, penghargaan untuk pegawai atau staf yang disiplin juga dinilai perlu dilakukan. “Selain sanksi harus ada reward juga. Dengan tidak melihat yang lain, berikan penghargaan juga. Dengan begitu akan menambah semangat pegawai,” jelasnya. Lalu disinggung terkait rencana pemasangan fingerprin yang direncanakan pemkot? DPRD ungkap Palo mendukung upaya tersebut. “Sebagain dinas kan sudah ada, tapi kalau memang untuk meningkatkan kinerja dan disiplin pegawai ya tentu kita mendukung pemasangan itu,” tukasnya. (08)

Komentar

News Feed