oleh

Percepat Perekaman, Dukcapil Kembali Jemput Bola

-Kecamatan-170 views

PRABUMULIH – Program jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) kembali dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Perekaman jemput bola pertama ditahun 2017 dilakukan di kantor Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur. “Hingga bulan Juni kami akan menyambangi 8 Kelurahan dengan jadwal perdana di Kelurahan Muara Dua,” kata Kepala Dinas Dukcapil M Effendy SH, kemarin.
Disampaikan Effendy, pihaknya masih akan terus mempercepat proses perekaman. Sebab dengan jemput bola, pencapaian perekaman KTP El bisa dikejar. “Paling tidak kita harap yang tersisa hanya pemula, yakni anak usia 17 tahun. Karena setiap tahun itu pasti ada” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu dilingkungan Disdukcapil ini kembali mengajak masyarakat untuk segera mengurus dokumen kependudukan. “Mulai dari KTP, akte, KK dan sebagainya segeralah diurus jangan ditunda dan itu gratis,” sambungnya seraya menambahkan sosilaisasi sudah sering dilakukan dimasyarakat termasuk di media.
Kabid Pelayanan Kependudukan Suparman SH didampingin PPTK Pertekaman A Malik menuturkan perekaman yang dilakukan di Kelurahan Muara Dua dihari pertama mencapai 90 orang. “Itu tidak semua perekaman, ada yang mengurus akte maupun Kartu Keluarga,” bebernya.
Rata-rata ungkap Suparman, masih banyaknya yang melakukan perekaman maupun pembuatan KK lantaran banyaknya warga KTP pemula. “Yang tamat SMA, kemudian ada juga yang memang belum sama sekali merekam karena sibuk. Sedangkan untuk KK kebanyakan itu yang baru menikah sehingga pindah KK,” ucapnya.
Jumlah tersebut lanjut dia dipastikan akan bertambah, mengingat disetiap kelurahan perekaman jemput bola dilakukan selama dua hari. “8 Kelurahan itu semua dua hari mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Jadi kami harap bagi masyarakat yang belum merekam, mengurus KK, akte atau dokumen kependudukan lain untuk tidak melewatkan kesempatan dengan mendatangi kelurahan,” jelasnya.
Apalagi jadwal perekaman sudah jauh hari disebar dimasing-masing kelurahan. “Jadwal sudah kami sampaikan, dan itu juga sudah disampaikan kelurahan ke masyarakat,” ucapnya.
Sementara Lurah Kelurahan Muara Dua Muslim SE menambahkan, masih antusiasnya masyarakat Kelurahan Muara Dua yang mengikuti perekaman mengingat belum semua masyarakat sudah merekam. “Mulai dari kesibukan, hingga memang baru masuk usia KTP. Kemudian informasi juga sudah kami sampaikan ke RT-RW untuk diteruskan kemasyarakat,” tukasnya.
Salah satu warga Aini, mengaku baru melakukan perekaman lantaran belum memiliki waktu untuk ke Kecamatan. “Kadang galak idak sempat nak ke kecamatan itu. Apolagi nak ke Pangkul, jauh. Ini ado kesempatan di Kantor Lurah, merekam dulu baru begawe,” pungkasnya. (05)

Jadwal Pelayanan Dokumen Identitas Penduduk keliling di Kecamatan Prabumulih Timur

Tanggal Kelurahan
11-12 April Muara Dua
17-18 Karang Raja
19-20 Tugu Kecil
3-4 Mei Prabujaya
9-10 Sukajadi
16-18 Gunung Ibul
6-7 Juni Gunung Ibul Barat
13-14 Karang Jaya

News Feed