oleh

Percayakan Anak Pada Sekolah

SUDIRMAN – Minggu kedua tahun ajaran baru, siswa SD mulai mandiri dan terbiasa tanpa ditunggu orang tua. Kepala SDN 48 Prabumulih, Aidil saleh SPd memang berharap agar para orang tua tak lagi masuk ke sekolah untuk mendapingi siswa terlbih masuk kelas. Bahkan ia menghimbau agar orang tua, jauh dari sekitar sekolah selama para siswa mengikuti proses belajar mengajar disekolah.

“Saat di sekolah pada siswa adalah tanggung jawab kita, karena itu kita berikan kepercayaan kepada wali murid untuk melepaskan para siswa. Agar lebih cepat mandiri dan lebih terbiasa bersosialisasi dengan kawan sekelas. Karena itu di minggu kedua siswa baru sudah mulai terbiasa berada di lingkungan sekolah dan tidak lagi ketergantungan dengan orang lain,”katanya.

Sementara para orang tua siswa juga mulai lega, sebab siswa terlihat lebih mandiri dan orang tua tidak lagi khawatir untuk meninggalkan anaknya disekolah. “Alhamdulillah masuk minggu kedua sudah mulai berani dan sudah bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Kami senang, melihat anak kami sudah bisa menahan diri dan sudah terasa bersosialisasi dengan kawan baru meski baru terbiasa saat masuk minggu kedua,”jelas Utami salah seorang wali siswa kelas 1 SD Negeri 48 Prabumulih.

Lantaran siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar, para orang tua sudah bisa meninggalkan siswa dan bisa datang lagi hingga waktu pulang sekolah, untuk menjemput. “Selama ini kita masih khawatir untuk melepaskan anak dan meninggalkan pulang meski sebentar. Jadi sebelum pulang sekolah kita tetap berada di sekitar sekolah meski tidak terlihat, kita selalu standby jika suatu saat mereka memanggil orang tua, kita ada di sekitarnya,”tukasnya.(08)

Komentar

News Feed