oleh

Penyintas dan Komorbid Boleh Divaksin

Termasuk Ibu Hamil dan Menyusui

PRABUMULIH – Sesuai instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terbaru, kalau tenaga kesehatan (Nakes) pernah terpapar Covid-19 atau dikenal penyintas. Lalu Komorbid atau memiliki penyakit bawaan, ibu hamil dan menyusui bisa dilakukan vaksinasi Covid-19.

Nah, menindaklanjuti intruksi tersebut, rencananya tenaga kesehatan di RSUD mulai Senin ini (22/2/2021), akan divaksinasi Covid-19. Data dihimpun awak media dari RSUD, sebanyak 18 orang penyitas. Lalu, komorbid 144 orang, menyusui 122 orang, dan lainnya.

“Iya, untuk Nakes di luar penyintas, komorbid, hamil dan menyusui, dan lainnya. Jumat lalu (19/2/2021), vaksinasi pertama dan vaksinasi kedua telah dilakukan. Sebanyak 323 nakes, jumlah bisa divaksinasi,” aku Direktur RSUD, dr Hj Hesti Widyaningsih MM ketika dikonfirmasi awak media, akhir pekan lalu.

Hesti menjelaskan, untuk penyintas sendiri boleh divaksinasi Covid-19 di atas 3 bulan usai terpapar. Karena, sesuai ketentuan imunitas tubuhnya kembali normal.

“Dengan harapan, disuntik vaksin Covid-19 imunitasnya terhadap virus Covid-19, kembali efektif jika terpapar lagi. Tetap, dua kali dosis suntikan. Namun, baik penyintas. Lalu, komorbid, ibu hamil dan menyusui. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19, tetap dilakukan skrining memastikan Nakes aman dan bisa disuntik,” terang Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes).

Pihaknya optimis vaksinasi Covid-19 khususnya Nakes di RSUD selesai secepatnya. Sehingga, Nakes terpapar Covid-19 bisa diminimalisir.

“Seluruh Nakes, semuanya divaksin. Dan, secepatnya vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed