oleh

Pengibar Bendera Mulai Latihan

-Pendidikan-27 views
  • Tak Diiringi Paskibraka

PRABUMULIH – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 ini pengibar bendera upacara 17 Agustus tanpa diiringi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibkara)

“Tahun ini sengaja tidak ada pasukan ramai karena masalah covid-19,” kata Adib Anggara, pelatih dari Purna Paskibraka Indonesia.

Dikatakannya, untuk petugas pengibar berdera diambil dari pengibar bendera tahun 2019 lalu. petugas paskibraka pada upacara 17 Agustus hanya terdiri dari 4 orang dimana 1 diantaranya merupakan cadangan. “Tidak ada seleksi khusus, petugasnya merupakan pengibar bendera di tahun lalu (2019, red),” sebutnya menambahkan pelatih Paskibraka tetap dari TNI/Polri dan Dispora.

Adapun keempat petugas itu, semuanya laki-laki dan terdiri dari 2 petugas dari SMAN 3, 1 petugas dari SMAN 1 dan 1 petugas lagi dari SMAN 2 Prabumulih. “Untuk latihannya 90 persen di lapangan dan sisanya di karantina,” sebutnya.

Sementara selama pelatihan dan karantina, tetap didampingi oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kota Prabumulih sesusai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada.

“Namun di asrama sifatnya hanya untuk istirahat, tetap di adakan karantina supaya petugas paskibraka ini tidak keluyuran,” tukasnya seraya mengaku karantina sudah dimulai sejak 8 Agustus 2020 lalu.

Pantauan koran ini, menjelang HUT RI petugas Paskibraka sudah mulai berlatih menyiapkan penampilan terbaik pada upacara kenaikan bendera merah putih dan dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera merah putih.

Berdasarkan pantauan di halaman Rumah Dinas Walikota Prabumulih, hanya ada empat peserta yang sedang sibuk latihan didampingi oleh pelatih. Tak ketinggalan, petugas dari kesehatan yakni tim PSC juga ikut mendampingi petugas pengibar dalam menjalani latihan.(08)

 

 

Komentar

News Feed