oleh

Penghuni Rutan Kelas IIB

-Ringkus-58 views

PRABUMULIH – Jumlah penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB mencapai 517 orang nara pidana (napi) dan juga tahanan. Data dihimpun dari Rutan Kelas IIB, kalau 67 persen atau sekitar 272 orang napi dan tahanan narkoba sebagai penghuninya. Lalu, 33 persen atau 245 orang napi dan tahanan kriminal umum menghuninya.

“Napi dan tahanan narkoba, menghuni blok khusus. Tahanan narkoba di Blok A, sedangkan napi narkoba di Blok C,” ujar Kepala Rutan Kelas IIB, Reza Mediansyah Purnama AMd IP SH melalui Kasubsi Peltah, Yusup SH dibincangi koran ini, Senin (29/7). Sebagai terapi, bagi penghuni rutan. Akunya, dua blok bantuan BRI. Yaitu, BRITAMA 1 dan BRITAMA sebagai lokasi pembinaan keagamaan.

“Agar napi menjelang bebas, mempuyai bekal setelah menjalani hukuman di Rutan Kelas IIB,” sebutnya. Nah, sebagai antisipasi hal-hal tidak diinginkan. Apalagi, didominasi napi dan tahanan narkoba, Rutan Kelas IIB memberlakukan pengamanan ekstra. “Maksimum sekuriti, kita terapkan untuk pengamanan napi dan tahanan di dalam Rutan Kelas IIB,” sebutnya.

Sambungnya, setiap harinya ada 30 petugas bersiaga mengamankan rutan dan juga melayani para napi dan tahanan penghuninya. “Alhamdulillah, sejauh ini situasi dan kondisi (sikon) Rutan Kelas IIB relatif aman dan kondusif,” pungkasnya.

Rincinya, Rutan Kelas IIB. Tidak hanya, dihuni napi dan tahanan dewasa. Baik, perempuan dan laki-laki. “Juga dihuni napi dan tahanan anak. Napi ada berjumlah 6 orang, tahanan anak 5 orang. Dan, memang menghuni blok khusus,” tambahnya. (03)

Komentar

News Feed