oleh

Pengawas Nilai Kinerja Kepsek

-Pendidikan-11 views

PRABUMULIH – Pengawas SMA dan SMK dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), lakukan penilaian kinerja Kepala Sekolah di seluruh SMA dan SMK yang ada di Kota Prabumlih, kegiatan ini dilakukan sejak dua minggi terakhir dalam rangka melihat Kinerja Kepala Sekolah, sesuai dengan 8 Standar Nasional pendidikan (SNP).

“Hasil penilaian yang kita lakukan akan dilaporkan ke Dinas Pendidikan Provinsi,s ebagai bahan evaluasi dan bahan pengambilan kebijakan, jika nanti dibutuhkan,” jelas Koordinator pengawas SMA di Kota Prabumulih, Drs Azha Syukri, saat dikonfirmasi disela pelaksanaan penilaian KinerjaKepala sekolah di SMKN 2 Prabumulih, Senin (30/11/2020).

Pria ini mengatakan, masalah utama kebijakan adalah   Bagaimana meningkatkan mutu kepala sekolah melalui sistem rekrutmen dan pembinaan yang memenuhi standar,  agar  kompetensi dan kinerja profesional kepala sekolah memenuhi kebutuhan peningkatan mutu lulusan, yang menjadi salah satu standar dalam penilaian kinerja.

“Kepala sekolah yang profesional mampu merumuskan mutu lulusan yang ideal untuk satuan pendidikan yang dipimpinnnya. Dan, keunggulan profesinya ditentukan dengan kesanggupan untuk mewujudkan cita-cita terbaik sekolahya,” jelasnya.

Untuk itu, setiap kepala sekolah harus memiliki keterampilan untuk  mendeskripsikan indikator dan kriteria mutu lulusan yang dicita-citakannya sebagai landasan pengembangan visi, misi, tujuan, dan strategi untuk  mewujudkannya.

Dra CIk Jayadi, yang merupakan tim penilai Kinerja Kepala Sekolah di SMKN 2 Prabumulih, menambahkan bahwa saat ini, para Kepala sekolah, namu tidakmau harus melek teknologi dan  informasi, Terampil berkolaborasi, kompromis, dan membangun kerja sama dalam tim. Terampil berkomunikasi yang didukung dengan keuatan daya baca, menulis, mengekspesikan pikiran melalui berbagai media untuk berbagai orang.

“Kepsek SMKN 2 juga sudah termasuk sebagai Kepsek yang Kreatif dan inovatif,  terampil mengeksplorasi imajinasi. Apalagi sebagai Kepala sekolah SMK, tentu harus menemukan gagasan baru, serta memperbaharui ide pribadi secara berkelanjutan serta Terampil menggunakan ilmu pengetahuan dan informasi terbaru untuk mencetak generapa penerus sebagai para pengusaha muda dari SMK,” tambahnya.(05)

Komentar

News Feed