oleh

Pengaruh Refocusing 8 Persen

-Kecamatan-12 views

Desa Belum Cairkan DD

PRABUMULIH – Hingga  saat ini, belum ada satupun desa di Kota Prabumulih yang mengajukan pencaiaran Dana Desa (DD) tahap 1.

“Saat ini masih tahap proses, belum ada desa yang mencairkan dana desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) A Fauzan A SSTP MM, Senin (22/2/2021).

Disinggung mengenai keterlambatan pencairan, apakah karena ada kendala. Menurut Fauzan, hal itu dikarekanakan adanya aturan baru dalam syarat pencairan DD. “Untuk kendala insyallah tidak ada, tapi kemarin ada aturan baru untuk merefosusing minimal 8 persen anggaran untuk penanganan covid,” jelasnya.

Dengan adanya perubahan tersebut kata dia, masing-masing desa harus melakukan perubahan. “Jadi di ubah lagi.  Tapi secepatnya akan diajukan. Karena semakin cepat melengkapi syarat maka semakin cepat pencairan,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Desa Pangkul, Kecamatan Cambai Jakaria SH menuturkan untuk pencairan DD belum bisa dilakukan. “Kita belum selesai membuat RAB,”  kata Jaka.

Meski belum selesai, namun pihaknya manargetkan selesai dalam minggu ini. “Sekalian nanti dicek lagi supaya tidak banyak keliru,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dana Desa (DD) untuk Kota Prabumulih, mengalami kenaikan di tahun 2021 ini. Untuk total kenaikan mencapai Rp 22.642.570.000 dari total DD tahun 2020 yang hanya Rp 21.970.141.000.

Sementara untuk pencaiaran DD tahap 1 sudah bisa dilakukan sejak bulan Januari, dan paling lambat bulan April mendatang.(08)

Komentar

News Feed