oleh

Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Surat KPU RI

-Metropolis-108 views

PRABUMULIH – Calon anggota legislatif yang pada pemilu lalu memperoleh suara terbanyak dan berpeluang duduk di DPRD sepertinya masih harus sabar untuk ditetapkan sebagai caleg terpilih. Pasalnya, KPU Kota Prabumulih hingga saat ini masih menunggu jadwal penetapan tersebut dari KPU RI.
Ketua KPU Prabumulih Marjuansyah SIP melalui komisioner KPU Prabumulih Titi Malinda SE MM ketika dikonfirmasi, kemarin mengungkapkan, kalau penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih masih menunggu surat dari KPU RI. “Kita sudah mendapatkan surat dari KPU RI yang intinya meminta agar penetapan kursi dan caleg terpilih ditunda sampai ada surat dari KPU RI,” ungkap mantan dosen Fakultas Ekonomi YPP ini.
Menurut Titi, berdasarkan surat yang diterima pihaknya, KPU RI masih menunggu surat resmi dari panitera MK mengenai daftar daerah yang terdapat permohonan PHPU. “Nantinya jika KPU RI sudah menerima surat tersebut, kita (KPUD,red) diminta untuk melakukan penetapan perolehan kursi dan penetapan caleg terpilih paling lambat 5 hari setelah diterbitkannya surat KPU RI yang menjelaskan bahwa KPU RI telah menerima surat panitera MK,” terangnya.
Dikatakannya, kalau saat ini pihaknya masih menunggu surat dari KPU RI tersebut. Dan itu kata dia, menjadi dasar pihaknya untuk menetapkan kursi dan caleg terpilih nantinya. “Sekarang kita masih menunggu,” tukasnya.
Seperti diketahui, pada hasil pileg 17 April lalu, Partai Golongan Karya (Golkar) menjadi partai pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) dengan raihan 16.706 suara dan meraih 4 kursi di DPRD Kota Prabumulih. Dengan rincian dapil 1 meraih 4.823 suara, dapil 2 3.009 suara dan dapil 3 sebanyak 9.307 suara.
Pada pileg tahun ini terjadi perubahan perolehan kursi yang cukup signifikan pada partai Gerindra dan PKS. Kalau sebelumnya kedua partai tersebut tidak memiliki kursi di DPRD Kota Prabumulih. Pada pemilu 2019 ini Gerindra mendudukkan 3 kadernya, sedangkan PKS mendudukkan 2 kadernya.
Berbeda dengan Demokrat dan Nasdem, jika di 2014 lalu demokrat mendapatkan 3 kursi dan menduduki posisi wakil ketua DPRD, kini partai berlambang merci itu hanya mendudukkan 1 orang kadernya. Begitupun dengan Nasdem yang pada pileg sebelumnya mendapatkan 3 kursi, kini parpol besutan Surya Palo itu hanya mendapatkan 1 kursi.
Adapun caleg yang berpeluang akan ditetapkan sebagai caleg terpilih yaitu dari Dapil 1, Dipe Anom (PDIP), Hj Nurlisnah (PKS), Feri Alwi (PAN), Apriansyah (Golkar), Hery Gustiwan (PPP), Ganjar Iman (Nasdem) , Hendriansyah (PBB), Idham Tergun (Hanura) dan Riza Apriansyah (Gerindra).
Kemudian Dapil 2, Ahmad Palo (PPP), Rofika Susanti (Hanura), Ade Irama (Gerindra), Deliani (PBB), Zainuddin (Golkar), Hermali (PAN) dan Purwaka (PDIP). Selanjutnya Dapil 3, yakni Welizar (Golkar), Sutarno (Golkar), Evi Susanty (PPP), Alfa Sujatmiko (PDIP), Aryono (Gerindra), Hartono Hamid (Hanura), Beni (Demokrat), Wahyu Budi Pratama (PAN) dan Mat Amin (PKS). (02)

Komentar

News Feed