oleh

Penderita Diabates dan Hipertensi Rentan Terinfeksi Corona

-Kecamatan-24 views

PRABUMULIH – Penderita penyakit tidak menular, seperti kencing manis (diabates melitus) dan darah tinggi (hipertensi) diminta untuk lebih waspada selama masa pandemi covid-19.

Hal itu dikarenakan, penderita hipertensi dan diabates melitus rentan tertular penyakit. “Kita ingatkan supaya mereka (penderita hipetensi dan diabates melitus,red) tidak keluar rumah. Karena mereka termasuk golongan resiko tinggi (risti) rentan tertular,”imbau Kepala Puskesmas Tanjung Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Dewi Yuliani SST MSi.

Dewi menuturkan, selain diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah. Pihaknya juga mengingatkan, agar penderita dua penyakit tersebut untuk menjaga pola makan. “Kita ingatkan juga tentang pola makan, jangan sampai pola makan mereka tidak dijaga dengan berdiam di rumah makan tidak terkontrol,” tuturnya.

Disinggung terkait usia penderita darah tinggi dan kencing manis, menurut Dewi rata-rata penderita diatas 50 tahun. “Yang biasa ambil obat rutin dan minum obat rutin dari Puskesmas rata-rata sudah diatas 50 tahun. Tapi tidak pandang usia juga, kalau sudah ado penyakit penyerta seperti DM dan hipertensi harus lebih hati-hati,” terangnya.

Dilanjutkan Dewi, imbauan tersebut biasanya disampaikan langsung kepada penderita saat mengambil obat rutin ke Puskesmas. “Disampaikan secara personal ke pasien-pasien, karena kita sejak beberapa bulan ini kita mengadakan sosialisasi mengumpulkan warga,” tukasnya.

Sementara itu, dilansir dari CNN Indonesia Hipertensi dan diabetes merupakan komorbid atau penyakit penyerta yang memperparah infeksi virus corona atau Covid-19. Dimana penyakit komorbid pada Covid-19 itu dapat berupa hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, paru-paru obstruktif kronis (PPOK), asma, tuberkulosis (TBC), dan demam berdarah dengue (DBD). (08)

 

Komentar

News Feed