oleh

Pendaftaran Belum Buka, Ortu Titip Anak

PRABUMULIH – Meskipun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar (SD) belum dibuka, namun beberapa Wali siswa mulai mendaftarkan anak didiknya untuk masuk ke sekolah yang akan dituju. Istilah yang digunakan saat mendaftar belum waktunya adalah menitip.

” Memang kita belum buka pendaftaran secara resmi, namun ada beberapa orang tua calon siswa sudah menitipkan nama anaknya, namun tetap dengan mengisi formulir pendaftaran,”kata Kepsek SDN 49 Prabumulih, Nabila SPd.

Menurutnya, Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi tidak diterimanya siswa di sekolah yang dituju, karena kuota suatu sekolah yang akan dituju sangat terbatas. Sedangkan berdasarkan kalender pendidikan, jadwal penerimaan peserta didik baru di buka akhir bulan Juni nanti.

“Ada juga wali calon siswa khawatir tidak bisa masuk karena kuota full, atau takut terlambat jadi mereka mengambil keputusan lebih baik mendaftar di awal waktu,”bebernya.

Mantan Kepala Sekolah SDN 8 Prabumulih ini menuturkan, dalam proses penerimaan peserta didik baru pihaknya mengutamakan jalur zonasi. Yaitu mengutamakan warga sekitar sekolah sesuai dengan jalur penerimaan peserta didik baru yang disepakati.

Saat ditanya apakah harus lulus dari pendidikan di taman kanak-kanak, wanita ini menuturkan bahwa syarat untuk masuk SD, yang terpenting minimal usia 6 tahun. Apalagi satu tahun terakhir jarang sekali sekolah tatap muka, jadi belajar dari jarak jauh ditingkat Taman Kanak kanak sangat tidaklah efektif.

Sedangkan syarat lain untuk mendaftar dalah mengisi formulir pendaftaran, serta mengumpulkan Fotokopi KK dan KTP sebagai bukti tempat tinggal calon siswa baru di sekitar sekolah.

” Kita perlu meminta Fotokopi KK dan KTP sebagai bukti administrasi bahwa calon siswa baru memang tinggal di sekitar sekolah serta untuk kelengkapan administrasi biodata siswa,” tandasnya.(05)

Komentar

News Feed