oleh

Pemilihan Ketua RT Dinilai Belum Terbuka

Yosep: Peran Kelurahan untuk Sosialisasi
PRABUMULIH – Minimnya pengetahuan dan informasi masyarakat tentang pemilihan ketua RT, tak jarang menimbulkan polemik. Belum lagi sosialisasi dan informasi tentang akan habisnya masa jabatan RT seolah ditutupi.
Disejumlah RT, banyak warga yang mengeluhkan Ketua RT yang tak terbuka untuk menyampaikan kepada masyarakat, tentang masa jabatan yang telah habis. “Tibo-tibo sudah jadi RT lagi, yang dikumpulke siapo kito idak tau,” keluh warga
Mereka menilai, rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pemilihan RT menjadi celah bagi para oknum untuk memanfaatkan situasi. “Dengan idak ado yang tau, diam-diam jadi RT lagi. Kan itu ngambek untung, padahal masih ado yang layak jadi RT,” ungkapnya.
Ari salah satu warga Kelurahan Karang Raja menambahkan, selama ini banyak masyarakat yang merasa sudah menjadi korban keserakahan oknum ketua RT. “Dengan idak ado lagi pemilihan itu lebih bagus, tapi masih ado kelemahannyo idak ado transparannyo,” keluhnya.
Menurutnya, peran pihak Kelurahan dalam hal ini sangatlah penting. Apalagi seharusnya kelurahan menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang tata aturan pemilihan ketua RT yang tercantum dalam Perwako. “Selamo ini masih banyak yang salah faham, cumo masyarakat tertentu yang tau. Terkadang jugo informasi yang disampaikan di RT idak sampai ke kami masyarakat bawah, ini harus jadi perhatian nian,” ungkapnya.
Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Inspektur Kota Prabumulih Drs Yosep Manjam menuturkan selaku pengawas dipemerintah kota. Pihaknya akan mengingatkan masing-masing Kelurahan, untuk lebih sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang aturan pemilihan RT.
“Akan kita sampaikan lagi, karena meski hanya RT ada aturannya. Dan itu harus difahami oleh masyarakat,” ucapnya.
Nah, terkait keluhan masyarakat tentang masih minimnya pemberitahuan masa berlaku ketua RT yang akan habis. Yosep menyampaikan, informasi memang perlu disampaikan. “Harus ada pemberitahuan sebelum masa habis, itu bisa disampaikan langsung oleh RT atau pihak Kelurahan,” tuturnya.
Nah, disinggung tentang banyaknya gejolak pemilihan ketua RT akhir-akhir ini apakah pihaknya sudah pernah turun tangan langsung dilapangan? “Beberapa waktu lalu, di Kelurahan Karang Raja sudah kita selesaikan, kita minta agar tidak ada permasalahan dalam pemilihan RT. Kalau yang menimbulkan gejolak harus diganti, karena tujuan utama dari RT untuk membantu, perpanjang tangan pemerintah dalam semua bidang,” tukasnya. (05)

News Feed