oleh

Pemetaan Mutu 20 PAUD Ikuti Orientasi

-Pendidikan-124 views

PRABUMULIH – Sebanyak 20 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Prabumulih, ikuti orientasi pemetaan mutu sebagai persiapan untuk penilaian akreditasi. Orientasi yang diselenggarakan oleh Bidang PAUD dan Pendidikan non formal (PAUD dan PNF) ini, dilakukan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Prabumulih belum lama ini.

Kepala Bidang PAUD dan PNF, Erdoni SPd MSi melalui Panitia penyelenggara Orientasi, Dra Huzaifah MSi mengatakan, dalam pelaksanaan orientasi ini para peserta perlu memahami 8 standar Pendidikan Nasional (SPN) sebagai pemetaan mutu Pendidikan. Pentingnya akreditasi merupakan suatu keharusan sebagai pengakuan dari Kementerian terhadap kwalitas dan mutu suatu sekolah sebagai tempat menimba ilmu bagi masyarakat sekitar.

Dalam pelaksanaan orientasi ini adanya penekanan pada standar 8 SPN, minimal sistem administrasi disekolah, standar Kepsek, tenaga pengajaran serta kelengkapan sarana. “Kenyamanan ruang belajar, dapur, ruang Kepsek dan toilet merupakan beberapa hal yang sangat penting untuk dilengkapi dan dibuat senyaman mungkin,”jelasnya.

Sementara Elyanti SPd salah seorang assesor di Prabumulih mengatakan, pada dasarnya ke 8 standar pendidikan nasional di setiap PAUD dan pnf yang ada di Kota Prabumulih rata-rata sudah lengkap dan sudah baik, Hanya saja ada aktivitas yang tidak terdokumentasi.

Melalui pelaksanaan orientasi pemetaan mutu ini ,tentunya diharapkan para peserta benar-benar menerapkan apa yang sudah disampaikan oleh tim asesor. Sehingga pada saat dilakukan visitasi semuanya sudah terbilang layak untuk mendapatkan nilai akreditasi sekolah tentunya dengan nilai yang baik.

“Mereka sering lupa mendokumentasikan berbagai kegiatan disekolah, misal ada kunjungan cara mendokumentasikan dengan mencatat, manual dan difoto. Itu sangat penting sebagai salah satu bukti tertib administrasi, setelah orientasi semuanya diharapkan dapat melakukan tertib administrasi,”harapnya.

Diketahui hingga saat ini bidang PAUD dan pnf ada kurang lebih 25 lembaga yang belum terakreditasi, sedangkan tahun ini Kota Prabumulih hanya mendapatkan kuota penilaian akreditasi sebanyak 20 lembaga. karena itu beberapa lembaga yang belum terakreditasi diharapkan dapat melakukan persiapan dan mulai melakukan tertib administrasi untuk mempermudahkan proses visitasi akreditasi.(05)

Komentar

News Feed