oleh

Pemeriksaan Empat Lapis, Waktu Besuk 15 Menit

-Metropolis-183 views

PRABUMULIH – Mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan selama lebaran, khususnya ketika keluarga membesuk warga binaan.

Selain menyiagakan petugas, pengamanan d Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB diperketat. Pemeriksaan pengunjung juga hingga empat lapis, mulai dari pendaftaran. Lalu, masuk rutan, masuk penjagaan, hingga ke tempat besuk.

Hal itu ditegaskan Kepala Rutan Kelas II, Reza Meidiansyah Purnama Amd IP SH, Selasa (4/6).

Reza sapaan akrabnya, setidaknya 30-40 personel disiagakan selama tiga hari lebaran.

“Kita siapkan 5 unit tenda, untuk keluarga membesuk di Rutan. Biasanya, kalau lebaran ramai membesuk narapidana (Napi) atau warga binaan. Selain pemeriksaan pengunjung dan barang bawaan, waktu besuk kita batasi hanya 15 menit,” ungkap Mantan Karutan Cabang Muara Dua.

Ia tidak menampik, kunjungan lebaran ini rawan sekali. Khususnya, masuknya barang-barang yang membahayakan. Seperti sajam, narkoba, dan lain-lainnya.

“Makanya, sterilisasi kita lakukan hingga empat kali. Ini untuk keamanan dan kenyamanan. Petugas kita imbau selalu waspada dan hati-hati,” ucapnya.

Lanjutnya, pembesukan napi dibagi dua shift pagi dan sore hari. Kata dia, pagi dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Lalu, sore pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

“Sekarang ini, ada sekitar 516 napi dan tahanan menghuni rutan. Kita imbau keluarga benar-benar memanfaatkan waktu besuk tersebut, karena hanya berlaku tiga hari,” tukasnya. (03)

Komentar

News Feed