oleh

Pemenang Kebersihan jadi Calon Proklim

-Kecamatan-67 views

PRABUMULIH – Dari 20-an RT, RW, Desa yang mengikuti lomba kebersihan wilayah kota dalam rangka HUT RI. Tiga Kelurahan telah ditetapkan sebagai juara, dengan wilayah paling bersih. Tiga wilayah yang meraih juara yakni RT 4 RW 2, Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat sebagai juara I. Juara II yakni RW 6 Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Barat dan Juara III diraih oleh RT 3 RW 2, Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ir Dwi Koryani, melalui Iwan Nusmameri ST menyampaikan pemenang tak hanya sekedar menerima hadiah berupa uang dan alat bipori. Namun, akan dikembangkan dan bersaing untuk menjadi calon Program Kampung Iklim (proklim) tingkat Provinsi. “Jadi tak sampai disini, wilayah ini harus tetap menjaga dan meningkatkan kebersihan dengan harapan kedepan bisa berlanjut hingga tingkat Nasional,” kata Iwan.

Ia optimis, dengan pembinaan khusus kota Prabumulih bisa maju ketingkat Nasional. Apalagi, kriteria penilaian lomba, sebagian seperti penilaian lomba adipura. Selain itu kriteria penilaian juga yang diterapkan sebagian penilaian Proklim, PHBS, HATINYA PKK, Taman Toga. “Dan pemenang ini belum pernah menjuarai lomba-lomba, baik ditingkat Provinsi atau Nasional,” ucapnya.

Nantinya lanjut pria hobi melukis ini, selain Dinas Lingkungan Hidup, dinas-dinas lain juga dapat mengembangkan potensi masing-masing wilayah pemenang lomba. “Termasuk nanti ada Bank Sampah Unit, pengurus BSU bisa menjadi kader diwilayah tersebut. Jadi masalah sampah memang selalu bersih dan terpilah,”tukasnya.

Dwi Siti Kholifa Warga sekaligus salah satu RT di RW 6 Kelurahan Gunung Ibul, mengaku bersemangat untuk terus mengembangkan wilayah RW 6. Apalagi selain menjaga kebersihan, RW 6 memiliki Taman Toga, serta Bank Unit Sampah (BSU). “Dan yang paling utama dari warga kami itu kompak. Ketua RWnya memang mengayomi dan betul-betul mengajak masyarakat untuk menjadikan kampung menjadi asri,” kata Dwi Siti.(08)

Komentar

News Feed