oleh

Pembentukan FMD Bekal Hadapi Dunia Kerja

-Pendidikan-207 views

PRABUMULIH – Sebanyak 432 siswa baru SMK Negeri 2 Prabumulih, ikuti rangkaian pelaksanaan Pembentukan Fisik Mental dan Kedisiplinan (FMD). Kegiatan ini dilaksanakan usai pelaksanaan masa perkenalan lingkungan sekolah yang sudah dilaksanakan minggu lalu.

FMD merupakan aktivitas wajib yang diikuti para siswa baru di SMK Negeri 2 Prabumulih, pasalnya FMD merupakan modal dasar sebagai siswa SMK yang nantinya akan siap diterjunkan pada dunia kerja setelah tamat sekolah.

“FMD adalah kegiatan mempersiapkan diri siswa untuk masuk ke dunia kerja. Karena yang diutamakan memang penanaman etika dan sikap. karena mereka siap masuk dalam dunia kerja harus memiliki mental, fisik yang kuat serta kedisiplinan yang sudah menjadi karakter, FMD nilai dasar yang memang sangat dibutuhkan untuk masuk dalam dunia kerja,”kata kepala sekolah SMK Negeri 2 Prabumulih, Salijon SPd MSi melalui Waka Kesiswaan, Dr Edward Martin SPd MM.

Menurut pria yang akrab disapa Edo ini, jika para siswa sudah beretika dan berkarakter, maka skillnya bisa dijalani dan dipelajari. siswa yang mental dan fisik serta memiliki disiplin tinggi itulah yang merupakan generasi Pemuda calon penerus masa depan bangsa yang prima.

Selain itu dalam proses belajar mengajar selama 3 tahun di sekolah, pada siswa juga ada proses pemagangan yang sudah mulai dilaksanakan saat masuk pada semester ke-4. Saat magang, para siswa akan sangat merasakan manfaatnya Kegiatan FMD selama 1 Minggu saat menjadi siswa baru.

“Usai belajar teori selama 1 tahun dibangku sekolah hingga 3 semester langsung masuk ke masa pemagangan. Dalam proses pemanggangan juga siswa belajar pada dunia kerja selama 1 semester full, kita sangat berharap pembekalan FMD menjadi ilmu dasar siswa saat magang akan sangat bermanfaat,”tandasnya.

Sementara Rully Mona ST ketua Pelaksana kegiatan FMD dilaksanakan setelah Kegiatan MPLS, Pria yang merupakan pembina OSIS SMK N 2 Prabumulih ini mengatakan,pengenalan lingkungan sekolah disusun dengan tujuan untuk memberikan gambaran Aktivitas yang terjadi dilingkungan sekolah secara umum, Kemudian dilanjutkan dengan FMD untuk pribadi masing-masing siswa.

Selain itu untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan ph-nya memisahkan antara siswa yang yang sakit dan tidak mengizinkan untuk ikut aktivitas FMD.

“Yang sakit dipisahkan, makanya sebelum mengikuti fmd kita minta surat keterangan izin dari orang tua dan Surat Keterangan dari puskesmas, Selain itu meski kita menekankan fmd namun kitanya menyampaikan berbagai aktivitas dengan nyaman sehingga para siswa tidak merasa tertekan mengikuti rangkaian kegiatan,”tanda.

Diketahui siswa baru SMK Negeri 2 Prabumulih tahun ini berjumlah sebanyak 432 orang yang mengisi sebanyak 8 jurusan, diantaranya yaitu jurusan Tata boga, tata busana, Tekhnik kendaraan ringan (TKR), Tekhnik Komputer jaringan (TKR), agrobisnis, multimedia.(05)

Komentar

News Feed