oleh

Pembangunan Pasar Ikan Bersih Dimulai

-Metropolis-143 views

Telan Dana Rp 1,8 Miliar. Dibangun Satu Lantai

PRABUMULIH – Dimulainya pembangunan Pasar Ikan Sehat di belakang Pasar Tradisional Modern (PTM) I ditandai dengan penentuan titik nol, kemarin (9/10) telah dilakukan bersama antara Perwakilan Kementerian Kelautan dan Kehutanan (KKP), Konsultan, Kontraktor, dan Pemerintah kota (Pemkot).

Direktur Pemasaran KKP, Machmud MSc mengatakan, setelah penentuan titik nol ini pembangunan Pasar Ikan Bersih telah mulai berjalan.

“Pembangunannya menelan biaya Rp 1,8 miliar, lama pembangunan 2,5 bulan. Kita sudah tekankan kepada pihak ketiga pemenang lelang segera merampungkan pembangunannya,” ujarnya kepada awak media.

Lanjutnya, titik nol sudah dilakukan pembangunan diharapkan segera dilakukan pihak ketiga yang ditunjuk. “Pembangunan Pasar Ikan Bersih ini, sudah dilakukan. Kita minta pihak ketiga pemenang lelang segera bekerja. Sehingga, bisa selesai tepat waktu,” ucapnya.

Kata Machmud, paling lambat pertengahan Desember pembangunan Pasar Ikan Bersih telah selesai. Sehingga, awal Januari Pasar Ikan Bersih bisa difungsikan. “Hanya setingkat saja dibangun, tersedia 85 lapak untuk pedagang ikan. Harapannya, setelah ini pembangunannya bisa dilanjutkan Pemkot. Ukurannya 16 x 44 meter persegi,” jelasnya.

Masih kata dia, selain bangunan KKP sendiri juga memberikan bantuan ice plake mesin. Sehingga, ikan dijual pedagang selalu segar. “Tujuannya, dibangun Pasar Ikan Bersih ini untuk meningkatkan konsumsi ikan warga Prabumulih,” akunya.

Sebutnya, proses pembangunan diawasi konsultan sengaja ditunjuk. Juga tim teknis dari Dinas Pertanian dan Dinas PUPR, dan juga TP4D. “Pihak ketiga ditunjuk dari Kontraktor asal Lampung, proses lelang dilakukan secara nasional,” tambahnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekd), Elman ST MM menyambut baik, mulai dibangunnya Pasar Ikan Bersih bantuan dari pemerintah pusat, yaitu KKP. “Semoga pembangunannya sesuai dengan target dan segera rampung, sehingga bisa segera difungsikan pedagang ikan di kota ini,” jelasnya.

Ungkap Elman, meminta warga mendukung pembangunan Pasar Ikan Bersih ini. Nantinya, memberikan manfaat bagi pedagang dan juga warga Kota Nanas ini. “Ini kan bantuan pusat, setelah selesai dibangun segera diserah terima kan. Sehingga, bisa difungsikan dan dimanfaatkan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed