oleh

Pelantikan Caleg Terpilih Diagendakan 27 September

-Metropolis-106 views

PRABUMULIH – Meski masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Sumsel. Namun, berdasarkan SK berakhirnya masa jabatan DPRD periode 2014-2019 pelantikan akan digelar 27 September mendatang.

Nah, untuk pelantikan sendiri nantinya kemungkinan dilakukan dua kali. “Yang pertama pengangkatan dan pemberhentian dewan lama dan dewan baru. Pelantikan berikutnya adalah pengangkatan dan penetapan pimpinan DPRD. Jadi nanti akan dua kali pelantikan, secara terpisah,” kata Ketua DPRD H Ahmad Palo SE.

Untuk jarak waktu pelantikan pertama dan kedua, kata Palo biasanya bisa memakan waktu cukup lama yakni sekitar 1 bulan. Sehingga nantinya DPRD akan dipimpin oleh ketua sementara, sebelum dilantik dan ditetapkannya pimpinan definitif. “Karena yang definitif menunggu surat dari partai politik masing-masing,” terangnya.

Sementara untuk pimpinan DPRD sementara, sebelum adanya pimpinan definitip kata Palo yakni berdasarkan hasil suara terbanyak dalam pemilu. “Untuk ketua sementara, tetap berdasarkan hasil perolehan pemilu kemarin. Tapi juga tidak menutup kemungkinan, yang sementara menjadi ketua definitif. Tergantung siapa yang diusulkan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Palo menambahkan bila pihaknya juga sudah menerima sudah menerima penetapan calon terpilih dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). “KPU sudah menyampaikan kepada kami tadi,” tukasnya. (08)

Komentar

News Feed