oleh

Pegawai Rutan Mendadak Dites Urin

-Metropolis-50 views

PRABUMULIH – Sebanyak 75 pegawai di lingkungan rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Prabumulih mendadak dites urin oleh BNN, Senin (14/10).

Hasilnya, seluruh pegawai Rutan Kelas IIB dinyatakan negatif atau tidak ada yang terjerat narkoba. “Sebenarnya 77 petugas ada di Rutan Kelas IIB, tetapi hadir 75 petugas hadir semuanya negatif. Hasil tes urinnya dites BNN, 2 petugas memang tidak hadir dikarenakan dinas,” terang Kepala Rutan Kelas IIB, Reza Mediansyah Purnama Amd IP SH kepada awak media, kemarin.

Tes urine ini, kata Reza dilakukan dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDK) peringatan hari jadi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM).

“Sesuai instruksi Kanwil Kemenkum dan HAM, pegawai positif narkoba dikenai sanksi tegas, Rutan Kelas IIB harus bersih namanya narkoba,” tegas Reza.

Reza mengimbau dan menegaskan agar pegawainya tidak terjerat narkoba dan coba-coba. “Karena, sanksi tegas sudah menunggu jika berani menyentuh narkoba,” tukasnya.

Akunya, tes urin ini rutin dilakukan Rutan Kelas IIB bersama BNN. Dan, sifatnya juga dilakukan secara mendadak.

“Jika ada dicurigai, tes urin kita lakukan secara mendadak. Belum lama ini, ada tiga orang kita curigai. Kita tes, ternyata hasilnya negatif,” bebernya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BNN, Achmad Junaidi SPsi dikonfirmasi membenarkan tes urin tersebut.

“Kita hanya membantu saja, hasil tes sepenuhnya kita serahkan ke Rutan. Sejauh ini, proses tes urinnya berjalan lancar dan aman,” ucapnya.

Setidaknya, sekitar 5-10 orang diterjunkan untuk melakukan tes urin di Rutin Kelas IIB. “Soal hasil tes urin, tanyakan langsung ke Karutan Kelas IIB,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed