oleh

Pegawai Disdukcapil Lembur, Ini Alasannya…

-Kecamatan-478 views

PRABUMULIH – Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (disdukcapil) kota Prabumulih akan melayani pencetakan dihari libur kerja atau lembur kerja. Pelayanan tersebut akan tetap dilakukan di hari Sabtu dan Minggu.
Plt Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Yudhi Apriadi SH menuturkan, pelayanan pencetakan tersebut untuk percepatan pencetakan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP EL).
“Sesuai dengan intruksi dari Dirjen Kementerian Dukcapil agar cetak KTP EL dipercepat jelang Pilkada,” kata Yudhi.
Disampaikannya, intruksi tersebut mengingat masih banyaknya KTP El yang berstatus Print Ready Record (PPR) atau sudah siap cetak. Bahkan kata Yudhi, untuk di Kota Prabumulih masih tercatat ribuan KTP El dengan status PPR. “Kurang lebih sekitar 4ribuan berstatus PPR, itu sedang kita kejar ditambah lagi yang baru merekam,” imbuhnya.
Selain lembur Yudhi menyampaikan, sejak beberapa waktu ini pencetakan dilakukan dengan dua unit komputer. Sehingga dengan komputer yang ada saat ini, pencetakan bisa mencapai 500 keping per hari.
“Saat hari kerja perhari satu kumpoter bisa 100-150 keping, namun dihari libur bisa lebih banyak, dua komputer bisa mencapai 500 keping karena jaringan lancar,” jelasnya.
Karena itulah, kepada masyarakat pria yang juga menjabat sebagai Kabid Pengelolaan Administrasi Kependudukan ini mengajak masyarakat untuk segera mencetak KTP El. “Yang belum memiliki KTP El namun sudah mencetak silahkan datang besok, karena kita tetap melayani,” ucapnya menambahkan untuk blanko KTP El Prabumulih stok aman.
Dilanjutkannya, dalam percepatan pencetakan dan pendistribusian KTP El Dukcapil juga bekerjasama dengan Kelurahan. “KTP EL yang sudah dicetak selain diambil langsung oleh warga, ada juga yang kita distribusikan melalui Lurah untuk diberikan kepada warga,” imbuhnya.
Kasi SIAK M Nasir menambahkan, dihari libur proses pencetakan lebih cepat. “Namun tetap bergantung pada kondisi, kalau mati lampu biasanya agak lambat. Apalagi bila lampu hidup mati,” tukasnya.
Pantauan koran ini, warga yang mengurus KTP EL di Kantor Dukcapil Lantai 7 ramai sejak pertama pelayanan dibuka. Selain mengurus pencetakan KTP El, sejumlah warga juga mengurus dokumen kependudukan seperti akte maupun Kartu Keluarga (KK). (08)

News Feed