oleh

Patih Galung Sulit Air Bersih

-Metropolis-198 views

PRABUMULIH – Tingginya kebutuhan air bersih di musim kemarau makin dirasakan masyarakat, khususnya di Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat. Belum meratanya jaringan PDAM Tira Prabujaya memaksa warga harus membeli air bersih manakala musim kemarau tiba.

“Air bersih itu kebutuhan vital. Susah rasanya kalau kehabisan air bersih, untuk itu kami berharap pemerintah kota segera melakukan penyaluran air PDAM merata seluruh masyarakat di kota Prabumulih,” ungkap Yono, warga Prabumulih Minggu (21/7). Sehingga warga tak lagi kesusahan akan air saat kemarau tiba.

Saat ini jumlah rumah hunian di Kecamatan Prabumulih Barat semakin banyak. Ada diantara mereka yang kesulitan akan air. Belum lagi, ada beberapa perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah tersebut yang juga merasakan sulitnya akan air bersih ini. “Kalau bisa sama seperti program gas kota, sekarang hampir 100 persen makai gas kita. Tentunya PDAM kita bisa seperti itu,” pintanya.

Ungkapan sama disampaikan Budi karyawan perusahan yang beroperasi di Kacamatan Prabumulih Barat. Menurutnya, dirinya selalu kesulitan air bersih. “Memang kantor kami ada sumur, tapi erisinya kalau musim hujan saja. Saat kemarau kering, sementara jaringan PDAM belum ada,” tukasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan harus membeli air. Dengan harga tergantung banyaknya pesanan. Misalnya, untuk air sebanyak 4 ton seharaga Rp 140 ribu, 5 ton Rp 175 ribu dan membelinya ke PDAM Tirta Prabujaya. “Nanti ada mobil tengki yang antar,” terangnya. Karena harus beli seperti itu, tentunya ia harus berhemat. Sebab kalau beli di penyedia jasa air bersih lainnya cendrung mahal.

Sebelumnya, Plt Dirut PDAM Tirta Prabujaya mengatakan pada dasarnya jaringan PDAM di wilayah Prabumulih Barat sudah dibangun. Memang belum merata. Yang menjadi persoalan, ada kerusakan pada jaringan pipa di Payputat. Dan saat ini tengah pengajuan perbaikan.

“Renacana 2020 nanti akan dilakukan perbaikan, karena danaya besar maka kami mengajukan dana dari pemerintah,” ujarnya. Ia menargetkan, PDAM Tirta Prabujaya akan melakukan pemerataan jaringan. Bahkan itu sudah masuk program. Dengan begitu, kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat akan terpenuhi. (03/asa)

Komentar

News Feed