oleh

Pastikan APK Berfungsi

PRABUMULIH – Seluruh alat pemadam kebakaran (APK) di Gedung Pemerintah kota (Pemkot), belum lama ini dicek petugas. Tujuannya, tidak lain untuk memastikan semua APK berfungsi dengan baik. Khususnya, alat pemadam api ringan (APAR).

Dicek tanggal kadarluarsanya, sudah lewat atau belum. Sehingga, jika ada kebakaran bisa dipakai untuk pencegahan atau antisipasi kebakaran. Pelaksana Tugas (Plt) Kasat Pol PP, Hartono SE MSi dikonfirmasi membenarkan pengecekan APK di lingkungan Pemkot. Selain untuk memastikan APK baik, itu dilakukan sesuai arahan Walikota (Wako) Ir H Ridho Yahya MM.

“Belum lama ini, kita turunkan petugas untuk melakukan pengecekan APK. Khususnya, APAR dan juga hidran, alarm, spingkel, dan lain-lainnya. Ini, memastikan APK berfungsi baik. Jika ada kejadian kebakaran, bisa dipakai dan memadamkan api,” jelas Hartono, sapaan akrabnya, Selasa (9/7).

Kata dia, khususnya APAR ditemukan sudah lewat dari sebulan masa perawatan. Tetapi, masih bisa dipakai dan digunakan.
“Hasil pengecekan kita, semuanya berfungsi baik. Jika terjadi bahaya kebakaran, jelas bisa dipakai sebagai langkah pencegahan,” bebernya.

Sementara itu, APAR nantinya dilakukan pengisian ulang. Khususnya, APAR ditemukan sudah kadarluarsa meski hanya lewat sebulan saja. “Selain itu, posisi APAR memang harus tergantung. Sehingga, mudah dijangkau dan diambil jika dibutuhkan ketika terjadi bahaya kebakaran,” ujarnya.

Diakuinya, sejumlah perlengkapan APK yang kurang, jelas direkomendasikan dilengkapi. Apalagi, sangat penting sebagai alat pencegahan kebakaran di lingkungan Gedung Pemkot tersebut. “Kita akan cek secara berkala, memastikan APK di Gedung Pemkot berfungsi dengan baik dan bagus,” pungkasnya.

Kabid Damkar, Riyono SH juga tidak menampik soal pemeriksaan APK di lingkungan Pemkot tersebut. “Betul, belum lama ini telah kita periksa semuanya. APK di lingkungan Pemkot berfungsi baik,” terangnya sambil menyebutkan, jumlah APAR ada 54 unit. Lalu, hidran berjumlah 2, springkel berjumlah 300-an, dan lainnya.

Nah, APAR yang sudah satu bulan lewat. Sebutnya, sudah diisi ulang dan sudah berfungsi dengan baik. “Sewaktu dibutuhkan, bisa dipakai untuk antisipasi dan pencegahan bahaya kebakaran,” tambahnya. (03)

Komentar

News Feed