oleh

Pasangan Mesum Beralih dari Hotel ke Kos-kosan

-Nasional-853 views

CIREBON- Pasangan bukan suami istri sah yang melakukan perbuatan mesum kini mulai beralih lokasi. Sebelumnya di hotel kini ke kos-kosan. Hal itu diungkapkan Iman Sugiharto, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cirebon.
Sebagai buktinya adalah data dari hasil razia Satpol PP Kabupaten Cirebon selama tahun 2018. “Mereka sudah mulai pintar. Dulu melakukannya di hotel, sekarang beralih ke kos-kosan. Contohnya di wilayah Kecamatan Kedawung. Di sana banyak yang terjaring saat kita lakukan razia,” beber Iman kepada Radar Cirebon.
Iman meminta kepada para pemilik kos-kosan lebih memperhatikan Peraturan Daerah Nomor 7 tahun 2015 tentang Ketertiban Umum. “Laki-laki dan perempuan harus diperiksa kejelasan identitasnya. Kita sudah sosialisasikan ke mereka Perda Nomor 7 tahun 2015. Untuk mengantisipasi agar tidak dijadikan tempat mesum, pemilik kos harus memberlakukan jam keluar. Sediakan juga ruang tamu khusus. Jam batas menerima tamu juga harus diatur,” jelas Iman.
Selain sosialisasi, kata Iman Satpol PP melakukan tindakan dengan razia ke beberapa tempat di wilayah Kabupaten Cirebon yang diduga menjadi tempat mesum. Terbukti, selama 7 bulan, sedikitnya 56 pasangan mesum terjaring razia. Mereka dilakukan pendataan dan pembinaan di Kantor Satpol PP Kabupaten Cirebon.
“Semua total sekitar 56 pasangan. Mereka didominasi para remaja yang berpacaran. Kalau ASN atau PNS ada dua orang. Tapi dari luar kota. Kita hanya kenakan pembinaan dan sanksi tipiring. Pernah juga ada pasangan yang sudah 2 kali tertangkap kami. Langsung kita panggil orang tuanya, kemudian kita mediasi dan sekarang sudah dinikahkan, ” jelasnya.
Iman mengungkapkan, hasil razia itu sebagian besar didapat dari beberapa kos-kosan dan hotel di wilayah Beber serta Kedawung. “Kalau kos-kosan paling banyak di wilayah Kedawung. Hotelnya di Kecamatan Beber,” imbuhnya. (cep)

News Feed