oleh

Panen Sayur Bebas Pestisida

-Metropolis-589 views

PRABUMULIH –  Penanaman tanpa menggunakan media tanah atau biasa disebut hidroponik bisa menjadi peluang bisinis, seperti yang dilakukan pengurus Bank Sampah Duspra, yang berhasil membudidayakan sayuran hidroponik tanpa pestisida.

Dari sulitnya mencari kebutuhan sayuran segar, serta terhindar zat pestisida. Membuat para pemuda itu berinisiatif untuk menambah fungsi BSD yang tidak hanya berkecimpung di pengelolaan sampah saja. Melainkan dapat berfungsi sebagai tempat penyedia tanaman segar tanpa pestisida, yakni dengan mengelola tanaman hidroponik sendiri.

“Dari awal pendirian Bank Sampah Duspra (BSD), memang kita optimalkan tidak hanya dipengelolaan sampah saja. Tapi juga pada pengelolaan tanaman hidroponik tanpa pestisida ini, Seperti sayuran selada, sawi dan kangkung yang sekarang sudah mulai kita panen, kalau cabe dan cung belum kita panen,” ujar Direktur BSD Merlian Perdiansyah melalui Humas BSD Ardianto, kemarin(6/1).

Sejak berdirinya BSD, dirinya mengaku BSD ini lebih dikenal sebagai tempat pembudidayaan tanaman hidroponik. Sebab walau tanaman hidroponik ini hanya menggunakan media air, Namun tak banyak orang dapat berhasil menanam sayuran dengan teknik ini.

News Feed