oleh

Pandemi Covid-19, Pejabat-Pengusaha Mulai Gadai Barang

-Ekonomi-102 views

 

//Emas Hingga Mobil Mewah

 PRABUMULIH — Wabah Covid-19, benar-benar melumpuhkan perekonomian masyarakat secara global.

 Terbukti, sejak corona tak hanya kalangan menengah kebawah memilih menggadaikan barang berharga. Kalangan menengah ke atas mulai dari pejabat, pengusaha termasuk PNS ramai-ramai menggadaikan barang di pegadaian Kota Prabumulih.

 Tak tanggung-tanggung, barang yang digadaikan merupakan barang mewah seperti mobil Pajero, Fortune, CRV, Toyota Rush. Tak ketinggalan puluhan suku emas turut digadaikan oleh pejabat dan pengusaha.

 “Ada lima mobil di gudang kita yang digadaikan, milik pejabat, pengusaha Kota Prabumulih. Emas juga banyak yang gadai, pejabat pengusaha termasuk PNS dan masyarakat umum,” kata Kepala Pegadaian Kota Prabumulih Freddy Simanjuntak SH dibincangi pada Kamis (23/7/2020).

 Untuk emas kata dia, ada satu nasabah yang menggadaikan emas senilai Rp 500 juta atau senilai setengah miliar. “Kalau di OKI bahkan ada yang menggadaikan emas senilai Rp 1 M. Di Prabumulih hanya senilai Rp 50 juta,” imbuhnya yang mengatakan setiap privasi nasabah pegadaian harus dijaga dan dirahasiakan.

 Pria yang hobi bernyanyi ini mengakui, sebelum Covid-19  pertumbuhan pegadaian sudah mengalami peningkatan dari tahun 2019. Ditambah kondisi corona yang mengharuskan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga pertumbuhan pegadaian mencapai angka 108,47 persen.

 “Sampai saat ini sudah mencapai angka 108,47 persen. Karena PSBB kondisi ekonomi anjlok, memenuhi kebutuhan sehari-hari banyak yang menggadaikan barang, jadi makin banyak yang menggadaikan,” tutur mengatakan ada beberapa nasabah dari pejabat yang sudah menebus barang yang digadaikan.

 Nah, terkait barang yang digadaikan seperti mobil tutur Freddy pihaknya menjaga dan memberikan pelayanan dengan merawat setiap kendaraan yang ada. “Kita rawat, kita panaskan supaya tidak rusak,” tukasnya mengatakan selain mobil, terdapat beberapa kendaraan roda 2 yang digadaikan nasabah.(08)

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed