oleh

Paling Cepat Datang Februari

//Vaksin Covid-19

PRABUMULIH – Kota Prabumulih informasinya bakal mendapatkan vaksin Covid-19 berjumlah 279.915 vial.

Hal itu didapat dari informasi pihak Dinkes Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Rencananya, vaksin tersebut bakal dilakukan Januari. Tetapi, informasi terbaru diterima kemungkinan paling cepat baru direalisasikan pada Februari.

“Memang iya, rencananya Januari ini kedatangan vaksin Covid-19. Dan, segera dilakukan vaksinasi massal. Tetapi, informasi terakhir diterima paling cepat Februari vaksin Covid-19 tiba,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH kepada awak media, Senin (28/12/2020).

Kata dia, Dinkes tidak menyiapkan gudang penyimpanan vaksin. Lanjutnya, jika datang nantinya langsung didistribusikan ke puskesmas dan juga rumah sakit. Karena, setiap puskesmas dan RS punya lemari pendingin gula untuk penyimpanan vaksin sebelum digunakan.

“Begitu tiba langsung kita distribusi ke puskesmas dan RS, sesuai jumlah kebutuhannya untuk pemberian vaksin Covid-19,” terang Mantan Direktur RSUD ini.

Sambungnya, masyarakat tidak perlu takut untuk divaksin. Pasalnya, vaksin ini dibuktikan untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap Covid-19.

“Bagi penderita Covid-19, sudah dinyatakan sembuh dan rapid testnya positif. Sebaiknya, tidak divaksin hingga menunggu rapid tesnya negatif. Pasalnya, jika rapid positif antibodi atau imunitas telah bekerja melawan Covid-19,” jelasnya.

Tak lupa, Tedjo mengingatkan, di masa pandemi Covid-19 ini belum berakhir untuk tetap mematuhi dan menaati Protokol Kesehatan (Protkes). “Khususnya, wajib masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari keramaian dan lainnya,” terangnya. (03)

 

Komentar

News Feed