oleh

Padu Mandiri Produksi Teh Bawang Dayak

  • Minuman Sehat Kaya Manfaat

PASAR 2 – Kelompok toga padu mandiri kelurahan Pasar 2 Kecamatan Prabumulih Utara, mengolah minuman sehat berupa teh dari bawang dayak.

Ketua RW 1 Muhajir sekaligus pencetus teh bawang dayak di Kota Prabumulih menuturkan, saat ini teh bawang dayak sudah diproduksi secara rumahan oleh kelompok yang ada di RT 3 RW 1. “Kelompok sudah produksi, hasilnya sudah banyak juga yang beli,” kata Muhajir mengatakan teh bawang dayak juga rutin dikonsumsi oleh kelompok padu mandiri.

Dikatakan Muhajir, dipilihnya bawang dayak sebagai olahan minuman sehat lantaran bawang dayak memiliki banyak khasiat dan manfaat. “Setau kita itu banyak manfaatnya, jadi pas kalau kita olah jadi olahan minuman,” tuturnya menambahkan per kotak dijual Rp 10 ribu.

Adapun manfaat teh bawang dayak menurut Muhajir, yakni bisa mengatasi asam urat, kolesterol, diabetes, vertigo, kanker, serta meningkatkan stamina bila rutin dikonsumsi. “Kalau di beberapa daerah itu sudah sangat terkenal bawang dayak, banyak sekali khasiatnya. Kita hanya orang tertentu yang mengetahui,” jelasnya.

Disampaikan Muhajir, bawang dayak yang diolah menjadi teh awal mulanya hanyalah sedikit. Namun, kemudian dibudidayakan oleh kelompok padu mandiri di pekarangan rumah masing-masing. “Awalnya lihat diperkarangan warga, dan dia tidak tau manfaatnya. Akhirnya kita pecah dibibitkan dan menjadi banyak,” ungkapnya.

Nah, untuk mengolah bawang dayak menjadi bubuk teh ungkap Muhajir tidak begitu sulit. Namun, harus melihat kondisi cuaca. “Masa panen itu 3 bulan, umbinya dibersihkan, diris tipis. Kemudian terpenting harus cuaca panas, karena harus dijemur sampai benar-benar kering setelahnya baru dihaluskan,” bebernya mengatakan dalam 1 bulan bisa menghasilkan 30 kotak kemasan teh.

Disinggung terkait pemasaran, menurut Muhajir sejauh ini masih dipasarkan kemasyarakat lokal. “Untuk lebih jauh masih terkendala biaya, jadi lokal dulu. Tapi kami sudah ada pelanggan tetap, yang kadang sekali beli itu diborong,” tukasnya.(08)

 

 

Komentar

News Feed