oleh

Optimis Pertahankan Piala Adipura. Pengurangan Sampah Fokus Penilaian

-Metropolis-81 views

PRABUMULIH – Sebentar lagi, Prabumulih kembali dinilai kebersihan dan keindahan kotanya untuk meraih dan mempertahankan statusnya sebagai kota adipura. Jika berjalan mulus, Prabumulih bakal meraih adipura yang ke-8 kalinya. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ir Dwi Koryana mengatakan, menghadapi penilaian tersebut telah dilakukan sejumlah persiapan. Dan telah melakukan rapat kordinasi lintas SKPD dan instansi.

“Apalagi, tahun ini penilaian adipura makin ketat dan berat. Fokus penilaian menitik beratkan pada pengolahan sampah, dan komitmen Pemkot mengurangi sampah,” ujar Dwi, sapaan akrabnya dikonfirmasi, Minggu (8/9). Sambung Dwi, pengurangan sampah tersebut harus dibuktikan dengan data akurat dan valid. “Pengurangan sampah telah dilakukan, harus tercatat dan terdata dengan baik. Sehingga, ketahuan rinci berapa sampah bisa dikurangi. Makanya, sudah kita bagi-bagi tanggung jawabnya di setiap SKPD. Khususnya, berkaitan dengan titik pantau dan penilaian adipura,” bebernya.

Penilaian adipura sendiri kata dia, kalau tidak halangan, mulai dilakukan tim pada periode September dan Oktober “Untuk mempertahankan adipura ini, kita juga mengimbau masyarakat berperan serta. Khususnya, jangan membuang sampah sembarangan. Utamanya di bantaran Sungai Kelekar, hal itu sangat mencolok sekali. Sejauh ini, kita tetap optimis adipura masih bisa tetap kita pertahankan,” tukasnya.

Sementara itu, Asisten III, HM Rasyid SAg MM menambahkan, kalau predikat adipura ini harus dipertahankan. Makanya, setiap SKPD dan instansi terkait diminta menjalankan tanggung jawabnya dalam rangka menghadapi penilai adipura ini. “Prestasi telah baik, harus dipertahankan. Makanya, untuk mempertahankannya perlu sinergi dan kordinasi antar satu sama lain,” kata dia. Rasyid menambahkan, adipura salah satu ajang bergengsi dan merupakan kebanggaan suatu daerah yang meraihnya. “Karenanya, predikat adipura untuk ke-8 kalinya harus tetap dipertahankan di Prabumulih,” tukasnya. (03)

Komentar

News Feed