oleh

Optimalkan Pelayanan Tiga Layanan Publik

-Metropolis-78 views

PRABUMULIH – Pemerintah kota (Pemkot) Kamis, 27/6, mendapatkan kunjungan dari Perwakilan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN – RB), guna mengevaluasi untuk peningkatan layanan publik. Khususnya di RSUD, DPMPTSP, dan Disdukcapil.

Asisten I Deputi Bidang Pelayanan Publik Wilayah I Kemen PAN-RB, Noken Andrina mengatakan, kunci layanan publik selain masyarakat nyaman tetapi juga senang.

“Harapan kita, layanan publik di tiga OPD tersebut. Baik, RSUD, DPMPTSP, dan Disdukcapil bisa ditingkatkan sehingga berjalan secara optimal. Peningkatan layanan publik tersebut, kita serahkan kepada Pemkot untuk melakukan pembenahannya,” jelasnya kepada awak media, kemarin.

Lanjutnya, baik dari sistem, SDM-nya, sarana prasarana, dan pendukung lainnya. Sambungnya, agar masyarakat sebanyak subjek pelayanan benar-benar nyaman dan senang.

“Termasuk juga, perlu adanya sistem online. Sehingga, masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor untuk mengurus administrasi diperlukan. Perlu ada inovasi terus menerus, guna meningkatkan layanan publik bagi masyarakat,” terangnya.

Nantinya, aku Diah, jika pelayanan di Prabumulih sudah baik bisa diikuti lomba terkait layanan publik dibawah naungan Kemen PAN-RB.

“Kalau menang nantinya masuk top 40, berkesempatan mendapatkan reward dana insentif daerah (DID) Rp 9 miliar. Dana tersebut, bisa dimanfaatkan untuk melengkapi sarana prasarana dan juga perbaikan sistem pelayanan agar lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota (Wawako), H Andriansyah Fikri SH menambahkan, kalau layanan di tiga OPD tersebut hanya belum optimal dan maksimal saja.

“Ke depannya, akan ditingkatkan lagi. Apalagi, kita telah mendapatkan bimbingan dari Deputi Pelayanan Publik Kemen PAN-RB untuk pengoptimalan dan pemaksimalnnya. Supaya layanan publik, makin baik lagi dan dirasakan masyarakat,” tukasnya.

Sesuai arahan Deputi, kata Fikri, pembenahan, tidak hanya SDM. Tetapi juga, sarana dan prasarananya serta sistemnya. “Pelayanan publik, memang tidak hanya menyangkut kenyamanan. Tetapi juga, kepuasan dan juga kesenangan atas layanan yang diberikan dan diterima masyarakat,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed