oleh

Operasi Zebra, Jaring Truk Melintas Dalam Kota

PRABUMULIH – Operasi zebra hingg akhir minggu ini, terus dilakukan Satlantas. Sejumlah kendaraan terjaring razia, melanggar dikenakan sanksi tilang.

Termasuk juga, truk dalam kota distop pada operasi ini guna mendukung kebijakan Pemerintah kota (Pemkot) melarang truk dalam kota.

Pantauan koran ini, Sabtu (2/11), sejumlah truk melintas dalam kota distop. Lalu, diperiksa kelengkapannya. Dan, bagi truk melanggar jelas sanksi tilang dikenakan.

Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudarmaya SH SIk MH melalui Kasat Lantas, AKP Betty Purwanti SIk menerangkan, kalau sesuai aturan Pemkot dilarang masuk kota dan harus melewati jalan alternatif.

“Razia kali ini, tidak hanya menyasar kendaraan umum. Tetapi juga, truk-truk melintas dalam kota bisa membahayakan pengendera lainnya di dalam kota,” terang Betty, sapaan akrabnya kepada awak media di sela-sela operasi di Simpang Tugu Patung Kuda.

Ungkapnya, selama ini secara rutin memang mobil patroli berkeliling di Kota Nanas ini. Termasuk, menghalau angkutan truk masuk kota.

“Petugas kita di lapangan, sejauh ini terus menghalau angkutan. Khususnya, mobil truk agar tidak melintas dalam kota,” tambahnya.

Perwira berpangkat tiga balok ini menjelaskan, operasi zebra bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan berlalu lintas untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, akibat faktor kelalai kendaraan.

“Operasi zebra ini, sasarannya kelengkapan berkendara, helm, pemakaian sabuk pengaman dan lainnya. Harapan kita, kepatuhan lalu lintas meningkat. Mewujudkan zero accident,” ucapnya.

Sementara itu, sebagai efek jera bagi pelanggar. Sanksi tilang, memang efektif diberikan. Ke depannya, diwacanakan operasi gabungan.

“Razia, tilang ditempat. Sidang ditempat, dan denda ditempat. Kita libatkan, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri (PN). Kita rencanakan, Selasa (5/11) razia gabungan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed