oleh

Olah Daun Kelor jadi Kemplang

MAJASARI – Daun kelor biasanya hanya digunakan untuk pengobatan. Namun di Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan, daun kelor mulai diolah menjadi cemilan berupa Kemplang.

“Kami berkeinginan kemplang daun kelor, menjadi salah satu produk unggulan di Kelurahan Majasari selain dandang,” kata Lurah Kelurahan Majasari Inggit Damayanti SE Selasa (26/11).

Inggit berharap, kemplang daun kelor nantinya lebih banyak diproduksi oleh masyarakat Kelurahan Majasari. Apalagi, pihaknya sudah mulai melakukan pelatihan pembuatan kemplang daun kelor.

“Ada sekitar 40 warga yang ikut pelatihan, terdiri dari kader PKK, UP2K dan masyarakat umum yang ada di kelurahan,” tuturnya mengatakan pelatihan dibimbing langsung oleh Ketua TP PKK Kelurahan Asniliaty SE MSi dan Tuti yang merupakan Ketua Pokja 2.

Dengan pelatihan tersebut, ia berharap agar nantinya perekonomian masyarakat dapat meningkat. “Jadi tak hanya bergantung pada produk dandang, dengan kemplang daun kelor perekonomian diharapkan bisa terbantu,” jelasnya.

Disinggung terkait pemasaran, Inggit mengatakan untuk tahap awal belum dipasarkan secara luas. “Karena masih belajar, tapi nanti pasti akan kami pasarkan sehingga kemplang daun kelor menjadi salah satu cemilan yang bisa dinikmati oleh masyarakat Prabumulih,” tukasnya.

Pelatihan kemplang daun kelor disambut antusias warga. Apalagi, pembuatan kemplang daun kelor sangat praktis dan bahannya mudah didapat. “Kalau ikan harus ado modal nak beli ikan, daun kelor dirumah ado. Mudah-mudahan nak ditekuni, jadi ado tambahan untuk belanjo,” ungkap beberapa Ibu Rumah Tangga (IRT).(08)

 

Komentar

News Feed