oleh

November APBDes Harus Rampung

PRABUMULIH – Saat ini beberapa desa sudah mulai menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Dana Desa (DD) untuk tahun 2021 . Nah, dengan demikian diharapkan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2021 rampung bulan November mendatang.

“Untuk Musdes Juli sudah proses, jadi harapannya bulan November APBDes 2021 sudah tergambar.  Walaupun pagu (Dana Desa,red) masih menunggu dari pusat, tapi November itu kalau bisa kegiatan sudah ada gambaran,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Akhmad Fauzan SSTp MM melalui Kabid Pemdes Fatkhan Mubina SKm MSi.

Sebab kata Fauzan, meski pagu DD belum diketahui namun plafon 2020 sudah bisa menjadi gambaran dalam penyusunan APBDes.” Tinggal dilihat, kalaupun ada perubahan dilihat kalau nambah ditambahi,” ucapnya.

Disinggung terkait gambaran pagu DD, Fatkhan menuturkan pihaknya belum bisa mengetahui. Sebab Kementerian Keuangan baru mengeluarkan pagu DD di bulan November – Desember. “Tahun kemarin di akhir Desember,” ucapnya menambahkan APBDes 2021 juga dimungkinkan masih menganggarkan penangan dan pencegahan covid-19.

Sementara untuk fokus APBDes 2021, menurut Fatkhan masih mengutamakan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). “Jadi diharapkan kalau bisa ada kegiatan PKTD, dengan begitu dikerjakan oleh masyarakat. Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat, ekonomi terbantu apalagi dengan adanya covid-19 ini,” tukasnya.

Terpisah Kepala Desa Sinar Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Indarqo menyampaikan akan berupaya untuk menyelesaikan laporan APBDes tepat waktu. “Musdes selesai, proses selanjutnya masih berjalan. Dengan harapan penyusunan APBDes selesai tepat waktu dengan tetap mengutamakan kehati-hatian,” kata Indarqo.

Untuk 2021 berdasarkan hasil musyawarah bersama masyarakat lanjut dia, masih tetap fokus ke PKTD yani pembangunan sejumlah jalan usaha tani, pembuatan drainase. “Warga yang mengerjakan, jadi PKTD kita masih tetap di 2021 karena memang inilah salah satu penghasilan tambahan masyarakat. Kemudian ada juga usaha bidang pemberdayaan usulan usaha,” pungkas ayah tiga putri ini.(08)

 

Komentar

News Feed