oleh

Narace Minuman Khas Sinar Rambang

SINAR RAMBANG – TP – PKK Desa Sinar Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), memiliki ide yang sangat kreatif. Sejak 1 tahun ini, PKK mengembangkan minuman dari buah khas Prabumulih yakni Nanas. Nanas tersebut dicampur dengan serai, munculah produk minuman Narace.

Minuman Narace tersebut, saat ini menjadi minuman andalan di desa yang dipimpin oleh Kepala Desa Indarqo ini. Ketua TP-PKK Hamidah Indarqo menuturkan, ide munculnya Narace dikarenakan desa Sinar Rambang memiliki buah nanas yang melimpah. Itu berasal dari bantuan yang disalurkan melalui dinas Pertanian Pemerintah Kota.

“Nanas itu kami oleh jadi makanan wajik nanas khas Prabumulih. Dan kenapa kami memproduksi Narace karena kami hanya mengolah ampas nanas, sementara air nanas melimpah. Daripada terbuang percuma jadi, muncullah ide untuk membuat minuman narace,” kata Hamidah. Hamidah menyampaikan, saat ini produk Narace memang belum dipasarkan secara resmi. Namun, Narace sudah mulai dipopularkan dan menjadi minuman khas dari desa Sinar Rambang. “Sejauh ini masih sebatas diminum dalam desa, kalau ada tamu-tamu PKK, kota atau dari luar Provinsi dan sebagainya.Minuman Nacare kami suguhkan,” imbuhnya.

Lalu, apakah kedepan Narace akan mulai dipasarkan dan dipatenkan. Ibu putri kembar ini, mengaku sudah ada keinginan untuk memasarkan produk. Hanya saja, saat ini masih terkendala izin PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) dari Dinas Kesehatan.“Sementara ini izinnya memang belum kami urus, tapi mudah-mudahan nanti,” ungkapnya.

Nama Narace sendiri kata dia, merupakan nanas campur serai. “Itulah namanya, jadi narace, ide dari PKK,” ujarnya. Untuk khasiat, tentu kata dia minuman daro olahan nanas dan serai memiliki khasiat. “Nanas banyak khasiatnya, begitu juga dengan serai,” imbuhnya.

Sementara kepala desa Indarqo mengutarakan, beberapa tahun lalu Sinar Rambang menerima bantuan bibit nanas. “Sekarang nanasnya sudah panen, dan hasilnya bagus. Itulah yang dijadikan produk minuman unggulan desa kami,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed