oleh

Nanggok Ikan di Embung Desa

SINAR RAMBANG – Mensosialisasikan keberadaan embung desa, Pemerintah Desa Sinar Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) mengajak masyarakat “nanggok” atau bekarang ikan. Naggok atau berkarang itu dilakukan dengan alat tradisonal. Tak pelak ratusan masyarakat turun ke embung, berlomba dan berebut mendapatkan ikan yang ada dalam embung.

“Dulunya itu hanya danau biasa,terus kita garap jadikan embung desa, dengan dana desa,” kata Indarqo. Nanggok tersebut ungkap dia, juga sekaligus sebagai salah satu upaya membersihkan danau yang sebelumnya masih kotor. “Jadi sekaligus dibersihkan, dan memang menangkap ikan dengan cara nanggok adalah cara yang benar. Melalui cara tradisonal tidak dengan meracun dan sebagainya yang merusak ekosistem,” jelasnya.

Disampaikan Indarqo, embung tersebut nantinya juga akan dikembangkan menjadi tempat wisata. Yakni lokasi pemancingan. “Karena saat ini saja ikan disana banyak, ada lele, gabus tomanpun masih. Nah, inilah yang nantinya akan kami kembangkan, akan kami siapkan ikan disana nanti,” tukasnya.

Sementara sejumlah warga bersuka cita menangkap ikan yang ada didalam danau. Tak hanya kaum ada, kaum hawapun tak malu dan tak segan bermain dengan air danau yang kotor dan masih berlumpur. “Serulah rame-rame, berebut ikan. Kalau mancing dak pulo seru, naggok ini seru,” ungkap Yadi salah satu warga.(08)

Ratusan warga Desa Sinar Rambang

Komentar

News Feed