oleh

Nacare, Sajian Minuman Pembukaan Porprov

SINAR RAMBANG – Sejumlah UP2K dibawah binaan TP PKK Kota Prabumulih, mulai merasakan berkah perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (porprov).

UP2K Rambang Lestari salah satunya, UP2K dibawah binaan TP PKK desa Sinar Rambang ini sudah menerima pesanan untuk pembuatan minuman Nacare, yang berbahan nanas dan serai “Alhamdulillah, minuman khas Sinar Rambang dipesan untuk disajikan dalam pembukaan Porprov,” kata Ketua TP PKK Sinar Rambang Hamidah Indarqo.

Pesanan tersebut kata Hamidah, tentu menjadi tambahan penghasilan bagi warga desa khususnya kelompok UP2K. “Keuangan ibu-ibu jadi terbantu, dan kami bersukur pesanan nacare selalu ada untuk kegiatan-kegiatan besar,” tuturnya.

Nah, untuk bahan pembuatan nacare ungkap Hamidah tak sulit didapat. Sebab, semua bahan sudah tersedia di desa. “Di desa kami ada tanaman Nanas sendiri, begitu juga dengan serainya,” ucapnya.

Selain menghasilkan minuman, sisa pembuatan nacare yakni ampas nanas juga bisa diolah menjadi saos untuk nugget jamur tiram. “Jadi tidak ada sisa yang dibuang, ampas nanas kami jadikan saos, karena kami juga ada olahan nugget dari jamur tiram,” lanjutnya menambahkan selain Nacare olahan nugget jamur tiram juga akan mengisi pameran pembangunan.

Ketua UP2K Rambang Lestari Ena Haryati, bersyukur saat ini makin banyak pesanan yang diterima. “Kalau pesanan makin banyak, kami ibu-ibu juga terbantu dari segi penghasilan. Cukup lumayan untuk menambah belanja dapur,” kata Ena.

Ia menyampaikan, untuk pesanan dalam jumlah banyak seperti halnya pesanan untuk pembukaan porprov. Pihaknya membagi 2 tim, dalam memproduksi minuman nacare. “Karena kalau hanya 1 tim khawatir tidak selesai, kalau 2 tim bisa lebih cepat,” tukasnya. (08)

 

 

Komentar

News Feed