oleh

MUTU PELAYANAN KESEHATAN UNTUK KEPUASAN PASIEN

-Lapsus-319 views

Penulis: Okky Merben Mahasiswi
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Masyarakat Indonesia Maju Jakarta
Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat

MUTU adalah suatu istilah yang digunakan untuk mengukur suatu tindakan jasa yang diberikan ataupun menilai sebuah barang yang ditawarkan sesuai dengan kriteria yang telah disepakati. Tujuannya yaitu untuk memperbaiki kualitas jasa atau sebuah barang agar dapat ditingkatkan kembali agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah suatu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan pasien dan dilakukan dengan tanggap senyum sapa sopan santun dan mampu menyembuhkan serta mencegah penyakit datang lagi.

Kepuasan pasien ialah hal yang penting untuk menurunkan angka kesakitan. Seperti kita ketahui jika harapan pasien sesuai dengan apa yang diinginkan
maka pelayanan tersebut dirasakan sebagai mutu pelayanan yang ideal dan memuaskan. Sebaliknya apabila harapan pasien tidak terpenuhi pada
pelayanan tenaga kesehatan maka penilaian mutu pelayanan tersebut dianggap kurang memuaskan.

Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan juga dilihat dari keahlian, kecermatan, selektif dalam memberikan asuhan pelayanan sesuai penyakit,
kecekatan pihak tenaga kesehatan dalam menjawab pertanyaan, pasien dan terbuka dalam menjelaskan hasil pemeriksaan dan pemberian pendidikan
kesehatan terhadap pasiennya. Tidak hanya itu saja yang dinilai, petugas kesehatan juga dilihat mutu pelayanannya dalam hal memanusiakan manusia
sebagai timbal balik (interaksi) menciptakan hubungan yang ramah serta kekerabatan kepada pasien.

Dalam hal ini puskesmas bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan upaya kesehatan dasar untuk tangan pertama di wilayah kerjanya masing-masing.
puskesmas sesuai dengan fungsinya berkewajiban mengupayakan, menyediakan dan menyelenggarakan pelayanan yang bermutu dalam
memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Membangun kesadaran mutu merupakan upaya penggeseran cara pandang
peran dan fungsi organisasi pelayanan kesehatan dari memberi obat ke melayani pasien, dari pemeriksaan cepat ke pemeriksaan sesuai standar, dari
pekerjaan saya ke pekerjaan kita dan dari pelayanan yang tidak ramah menjadi pelayanan yang ramah dan penuh senyum.

Pelayanan yang baik dan memuaskan bisa diwujudkan secara bersama antara pengguna jasa pelayanan dan petugas kesehatan. artinya, kritik, komplain maupun keluhan pasien semestinya tidak diartikan sebagai serangan, tetapi diterima sebagai koreksi terhadap cara berpikir dan cara melayani. dari keluhan pasien, petugas kesehatan dapat mengetahui keinginan konsumen dan kekurangan yang dimilikinya.

Dari penjelasan tersebut dilihat dari segi Manajemen Administrasi, pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan yang dilakukan secara efektif dan
efisien sehingga diharapkan pasien dapat sembuh dalam waktu dekat sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pelayanan kesehatan dapat menutupi
operasional pemerintah tentunya.(*)

Komentar

News Feed