oleh

“Mutasi Bisa Kapan Saja”. 102 Pejabat Bergerak

-Metropolis-184 views

PRABUMULIH – Mutasi jabatan eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkot Prabumulih kembali dilakukan. Hanya saja, pergeseran posisi yang dilaksanakan Senin (5/8) banyak didominasi jabatan eselon IV. Rinciannya dari 102 pejabat, sebanyaj 98 pejabat eselon IV, berikutnya eselon III 2 orang dan eselon II 2 orang. Pelantikan yang digelar di Gedung Kesenian Pendopoan Rumah Dinas (Rumdin) itu dipimpin Walikota (Wako) H Andriansyah Fikri SH.

Pejabat eselon II dilantik yakni Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) selama ini diemban Bustomi SE MSi kosong, karena ia dipercaya menggantikan Toni Salfriansyah SH sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Kadis Perkim). Sementara itu, Toni Salfriansyah SH bergeser menduduki posisi Kepala Inspektorat, belum lama ini ditinggalkan Drs Yosep Manjan memasuki masa pensiun 1 Agustus lalu.

Selain itu, Fajar Chriswarry Ardana sebelumnya menjabat Pelaksana tugas (Plt) Direktur PDAM Tirta Prabu Jaya didefenitifkan tertuang dalam SK Wako Nomor 382/BKPMSDM.III/2019. Lalu, Kepala UPTD Pasar Inpres, Taufik Hidayah SE sebelumnya dibawah naungan Badan Keuangan Daerah (BKD). Posisi tetap sebagai Kepala UPTD Pasar Inpres, tetapi dibawah Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag).

Pelatikan pejabat dari Kepala OPD, Kabid, Kasi, Lurah, dan lainnya dilakukan Wakil Walikota (Wawako), H Andriansyah Fikri SH. Dalam sambutannya, Fikri sapaan akrabnya mengatakan, pelantikan atau mutasi pejabat hal biasa dilakukan untuk penyegaran dan kepentingan jalannya roda pemerintah di lingkungannya. “Bisa kapan saja, kita lakukan tergantung kebutuhan struktur organisasi. Bisa hari ini, bisa minggu depan dan bisa bulan depan. Kalau dibutuhkan, yah kita lakukan mutasi demi peningkatan kinerja pegawai. Untuk mengisi jabatan yang kosong di lingkungan Pemkot,” ucapnya di sela-sela pelantikan pejabat di lingkungan Pemkot, Senin (5/8).

Lanjutnya, pejabat dilantik harus bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya. Untuk layanan publik, agar tidak ada keluhan masyarakat. “Emban amanah dengan baik, penuh tanggung jawab. Dan, jangan coba-coba menyalahgunakan wewenang telah diberikan kita. Guna peningkatan kinerja dan kedisplinan pegawai di lingkungan kita,” bebernya.

Sebutnya, tidak menampik, masih ada pelantikan selanjutnya bakal dilakukan untuk terus memperbaiki struktur dan kinerja di lingkungannya. “Mutasi ini terus kita evaluasi, jika dirasa kurang masih akan ada mutasi lagi. Apalagi, ke depan banyak lagi pejabat pensiun,” kata dia. Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Beny Rizal SH MH menerangkan, pelantikan pejabat dilakukan sudah sesuai aturan dan ketentuan.

“Berdasarkan pertimbangan Baperjakat untuk eselon III dan IV. Sedangkan, eselon II sudah izin KASN, mutasi dilakukan hari ini (Senin (5/8), red),” jelasnya. Sambungnya, pelantikan dilakukan merupakan hal wajar. Untuk meningkatkan kinerja pejabat dan pegawai, juga penyegaran organisasi. “Mutasi dilakukan, tujuannya tak lain untuk peningkatan kerja dan disiplin pegawai. Mendukung program dan visi misi telah dijalankan,” bebernya. (03)

Komentar

News Feed